JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Prosesi Pengarakan Pengantin Tebu Tandai Musim Giling PG Tasikmadu Karanganyar

Prosesi pengarakan pengantin tebu di acara selamatan giling PG Tasikmadu, Karanganyar, Jumat (13/4/2018). Foto/Humas Kab
   
Prosesi pengarakan pengantin tebu di acara selamatan giling PG Tasikmadu, Karanganyar, Jumat (13/4/2018). Foto/Humas Kab

KARANGANYAR-  Pabrik Gula (PG)  Tasikmadu memastikan dimulainya operasional penggilingan dengan ditandai prosesi pengantin tebu,  Jumat (13/4/2018). Bagus Sarkoro dan Roro Ayu Palastri adalah nama tebu yang diberikan dalam prosesi Tebu Temanten yang di selenggarakan setiap tahun oleh Pabrik Gula (PG) Tasikmadu.

Selain tebu pengantin, ada sekitar 31 batang tebu, di arak dari rumah besaran menuju Rumah Dinas Administratur Pabrik Gula (PG) Tasikmadu avdeling Colomadu sejak pukul 06.00 WIB, Jumat (13/04/2018).

Sesampai halaman Rumah Dinas Administratur PG Tasikmadu, selanjutnya tebu dibawa masuk ke tempat mesin giling di dalam pabrik, untuk menandai musim giling tahun 2018.

Sementara itu, Administratur PG Tasikmadu afdeling Colomadu, Bambang Sutrisno mengatakan acara itu sebagai selamatan giling, setiap tahun jatuh di Jumat Pon. Tebu  Bagus Sarkoro diambilkan dari Pandeyan, Kabupaten Sukoharjo dan Tebu Perempuan diambilkan dari Kebun Suruh, Kecamatan Tasikmadu.

Bambang Sutrisno juga mengatakan, untuk rendemen di tahun ini 336.000 ton tebu, diambilkan dari Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Semarang, Sragen dan Ngawi bagian barat.

Untuk menyiapkan pencapaian target, pihaknya menyiapkan pabrik semaksimal mungkin akan seperti penambahan power dan perbaikan gilingan memakain turbin uang dan sekarang menajdi elektro motor dan daya perah menjadi kuat serta operasional semakin mudah.

“Recana giling nanti tanggal 21 April 2018. Sistem permesinan juga semakin baik,” katanya.

Tampak hadir dari Pemkab Karanganyar, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Supramnaryo dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Titis Sri Jawoto. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com