JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Ini Penyebabnya

pexels.com
   
pexels.com

Apakah Anda sering buang air kecil (BAK) pada malam hari? Ada banyak kemungkinan penyebab keinginan berlebih untuk BAK pada malam hari. Beberapa di antaranya membutuhkan perawatan medis, sementara yang lain dapat dikelola sendiri.

Berikut ini beberapa penyebab yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mungkinkah ini terjadi karena apa yang Anda minum? Diberitakan dalam WebMD, salah satu penyebabnya bisa saja karena Anda minum terlalu banyak sesaat sebelum tidur. Baiknya, Anda minum beberapa waktu sebelum tidur. Hindari juga meminum alkohol atau kafein pada malam hari. Selain itu, pastikan buang air kecil sebelum tidur.

2. Penyebab berikutnya yang bisa terjadi adalah adanya infeksi saluran kemih (ISK). ISK memicu kebutuhan buang air kecil pada siang dan malam. Gejala lain yang mengindikasikan ISK adalah rasa sakit ketika Anda BAK, rasa sakit pada bagian perut, serta mengalami demam. Periksakan diri ke dokter untuk diagnosis dan perawatan lebih lanjut.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

3. Makin bertambahnya usia Anda, makin besar risiko kebutuhan buang air kecil pada malam hari. Sebab, ketika Anda menua, hormon yang membantu memusatkan urine dalam tubuh akan lebih sedikit sehingga Anda tidak dapat menahan BAK hingga pagi. Jenis kelamin Anda juga dapat berperan dalam hal ini.

4. Pada pria yang lebih tua, risiko prostat yang membesar akan sering terjadi. Umumnya, hal ini bukan masalah serius, tapi bisa memicu kebutuhan BAK berlebih. Sedangkan pada wanita, setelah menopause, Anda akan menghasilkan hormon estrogen lebih sedikit. Akibatnya, terjadi perubahan pada saluran kemih yang membuat Anda harus lebih sering BAK.

5. Konsumsi obat-obatan juga bisa menjadi penyebab sering BAK. Beberapa obat akan menarik cairan dari sistem tubuh sehingga membuat Anda lebih sering BAK. Tanyakan kepada dokter Anda apakah ada obat-obatan yang dikonsumsi memicu hal ini. Solusi yang bisa dilakukan mungkin dengan minum obat pada pagi hari atau minta anjuran dokter untuk mengubah obat Anda.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

6. Penyebab lain yang harus diperhatikan adalah kemungkinan Anda memiliki masalah tidur. Terkadang, bukan dorongan untuk BAK yang membangunkan Anda. Namun, begitu bangun, Anda merasa harus pergi ke kamar mandi. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda memiliki sindrom kaki gelisah, hot flashes, nyeri yang sedang berlangsung (kronis), atau depresi. Kondisi medis sleep apnea juga dapat jadi pemicu Anda sering BAK pada malam hari, seperti dikatakan dalam WebMD. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan perawatan terhadap masalah tidur.

7. Ada beberapa faktor kondisi medis lain yang bisa dikaitkan dengan kebutuhan BAK terlalu sering pada malam hari, seperti diabetes, gagal fungsi hati, atau bahkan Alzheimer. Temui dokter Anda jika merasa kebutuhan BAK pada malam hari terlalu berlebih.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com