JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Jalin Kerjasama dengan International University of Afrika Sudan

Rektor UMS, Dr Sofyan Anief (ketiga kanan) saat melakukan penandatanganan dengan IUA Sudan.
Rektor UMS, Dr Sofyan Anief (ketiga kanan) saat melakukan penandatanganan dengan IUA Sudan.

SUDAN-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kerjasama pengembangan perguruan tinggi dengan International University of Afrika (IUA). Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di Kampus IUA, Sudan, Sabtu (3/4/2018).

Penandatanganan MoU (memorandum of understanding) dilakukan oleh Rektor UMS, Dr Sofyan Anief dengan Dr Musa Taha selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik atau Deputy Vice Chancellor Academic & Cultural Affairs.

“Kerjasama ini mencakup pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pertukaran studi untuk mahasiswa dan dosen hingga joint publication,” ungkap Dr Sofyan Anief.

Rektor UMS berada di Sudan dalam rangka mendampingi Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir untuk meresmikan dan melantik PCIM Sudan. Turut menyertai Rektor UMS adalah Wakil Rektor 2 UMS, Dr Sarjito MT.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Kedatangan Rektor UMS ke Sudan juga sekaligus dimanfaatkan untuk menjalin kerjasama dengan IUA. “Tahap pertama pelaksanaan MoU adalah UMS akan mendapatkan scholarship penuh  dua dosen Fakultas Agama Islam untuk mengambil post graduate program doktor bidang pengembangan bahasa Arab dan pengembangan dakwah islamiah,” tambah Sofyan.

Rencananya program tahap pertama itu akan dimulai tahun ini. Namun sebelumnya diperkirakan sekitar bulan Juni nanti Rektor IUA Sudan akan berkunjung ke UMS untuk melihat kondisi fakultas dan 3 pondok pesantren yg dimiliki UMS.

Baca Juga :  Uniba Solo Gelar Wisuda Sarjana Angkatan 47 Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Rektor menambahkan, UMS sendiri sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi dari negara-negara lain. “Kerja sama sudah kita jalin dengan berbagai PT dari beberapa negara, termasuk dengan IUA Sudan ini. Langkah tersebut merupaksn bagian dari pelaksanaan strategi penguatan reputasi internasional UMS,” papar Sofyan.(Triawati Purwanto)