loading...


SOLO – Dua orang jurnalis asal Kota Solo, Didik Kartika Putra dan Suhamdani berduet membikin antologi cerita pendek (Cerpen). Buku yang mengangkat   judul “Daun Pintu Setengah Terbuka” itu menurut rencana bakal dibedah sekaligus dilaunching, Rabu (9/5/2018).

Bedah buku dan launching akan berlangsung di Waroeng Inspirasi di Jalan Letjen Soeprapto No. 30, Sumber, Banjarsari, Solo jam 10.00 – 12.00 WIB.

Menurut rencana,  acara bedah buku tersebut akan dihadiri oleh Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul Alim.

Sementara itu bertindak selaku pembedah buku, Yuditeha, sastrawan dan pegiat komunitas sastra Kamar Kata Karanganyar serta komunitas Sastra Alit, dengan moderator Andri Saptono, penulis novel Candik Ayu.

Didik yang memiliki nama pena Lintang Kartika mengungkapkan syukur dan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu hingga terbitnya buku tersebut.

Dia menjelaskan, buku tersebut terdiri dari 20 cerpen, masing-masing 10 cerpen karyanya dan 10 cerpen lainnya karya Suhamdani, yang memiliki nama pena Hamdani MW.

Didik Mengatakan,  dari 20 cerpen yang  dalam buku tersebut,  sebagian merupakan endapan dari pengalamannya selama bergumul dengan fakta, data dan peristiwa selaku jurnalis.

Sebenarnya profesi jurnalis boleh dikatakan sebagai “gudangnya” fakta-fakta, karena setiap harinya seorang jurnalis bergelut dengan data dan fakta.

“Setiap harinya, dia bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, mulai dari orang-orang kecil di pelosok desa sampai pejabat tinggi. Artinya, di kepala seorang jurnalis mengendap data, fakta dan peristiwa, yang jika diolah dengan sentuhan sastra, bisa menjadi karya fiksi yang memiliki kekuatan tersendiri,” ujarnya. # *****

Loading...