loading...
Amien Rais. Foto/Biografi Amien Rais

JAKARTA-Ketua Dewan Pertimbangan PAN, Amien Rais ikut berunjuk rasa bersama buruh, Selasa (1/5/2018). Tokoh reformasi itu muncul di tengah-tengah pengunjuk rasa buruh yang berkumpul di depan Gedun DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/5/2018) untuk memperingati Hari Buruh.

Amien Rais berorasi menyoroti banyaknya tenaga kerja asing atau TKA yang saat ini berada di Indonesia. “Tenaga kerja Indonesia saja masih kebingungan dalam bekerja, tapi berbondong-bondong buruh kasar asing didatangkan kesini,” kata dia di depan Gedung DPR. Tenaga kerja asing tersebut, bisa mencapai ratusan ribu.

Baca Juga :  Kapolri Ungkap 9 Inovasi Aplikasi Teknologi Buatan SDM Polri. Sebut Kesalahan Rekrutmen Polri Bisa Jadi Bibit Masalah Sampai 30 Tahun! 

Selain itu, Amien Rais juga menyobek-nyobek topeng dengan wajah tenaga kerja asing. “Sobek-sobek topeng negara asing ini,” kata dia. Para pengunjuk rasa mengikuti Amien Rais dengan berteriak dan menyobek-nyobek topeng tenaga kerja asing tersebut.

Dalam unjuk rasa tersebut, sekitar 15.000 buruh yang berasal dari Jabodetabek memenuhi halaman luar gedung DPR MPR. Para buruh menuntut tiga hal dalam May Day ini.

Baca Juga :  Tak Siap Data, BPN Tak Menyangka Jokowi Bakal Agresif Menyerang

Pertama mereka menolak ada Perpres Nomor 20 tahun 2018 tentang tenaga kerja asing. Kedua, meminta pemerintah merevisi peraturan UU Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Terakhir, mereka menolak adanya PP Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Baca Juga :  Lagi, Aplikasi Go-Jek Dibobol Oknum Mitra dengan 25 Akun Palsu

www.tempo.co

Loading...

 


Loading...