loading...


Foto : dok UMS

 

SUKOHARJO-Syekh Besar Al-Azhar, Prof Dr Ahmed Mohamed Ahmed Eltayeb, Rabu (2/5/2018) ini akan memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Tak hanya bersilaturahmi dengan keluarga besar UMS, Grand Syaikh Al Azhar juga akan beramah tamah dengan jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta para rektor di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di tanah air.

Menurut Rektor UMS, Dr Sofyan Anif, kehadiran Syaikh Besar Al Azhar tersebut merupakan kehormatan tersendiri bagi UMS. Karena tidak mudah mencari kesempatan bisa mengundang atau menghadirkan beliau ke tanah air mengingat kesibukan yang luar biasa. Apalagi kedatangan ke UMS adalah memang sudah direncanakan sejak awal.

“Beliau ini menghadiri dan mengikuti Konferensi Tingkat Tingi (KTT) Ulama Dunia yang berlangsung di Bogor pada 1-3 Mei. Di sela-sela kegiatan tersebut, beliau ingin bersilaturahmi dengan jajaran Muhammadiyah dan kampus UMS. Beliau akan memberikan kualih umum kepada civitas akademika UMS,” ungkap Sofyan.

Baca Juga :  UNS Segera Tambah Dua Guru Besar Kedokteran

Sebagai tamu kehormatan, Prof Dr Ahmed Mohamed Ahmed Altayeb Azhar akan mendapatkan pengawalan dari Paspampres mengingat Syekh Besar Al Azhar kedudukannya setingkat Perdana Menteri atau wakil presiden sehingga pengamanannya layaknya menjadi tamu negara.

UMS juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan menyangkut kedatangan Syekh Besar Al Azhar tersebut. “Kedatangan beliau (Syekh Ahmad) kami sambut dengan gembira dan sudah kami persiapkan. Kami mengundang seluruh rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Aisyiyah, dan pimpinan pesantren Muhammadiyah untuk mengikuti kuliah umum yang disampaikan beliau,” tutur Sofyan Anif.

Sofyan menambahkan, kedatangan Syekh Besar Al-Azhar akan didampingi oleh Rektor Al-Azhar, Kairo, Mesir. Dalam kesempatan kunjungan tersebut, UMS juga akan menandatangani kerja sama dengan Universitas Al-Azhar, Mesir. Dia berharap, dengan kerja sama tersebut mahasiswa UMS punya peluang untuk studi di Al-Azhar.

Baca Juga :  183 Mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Ikuti Praktek Komunitas di Boyolali

Selama di UMS, Syekh Besar Al Azhar akan memiliki dua agenda utama, yakni ramah tamah dengan jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta Rektor PTM dan kedua adalah memberikan kuliah umum kepada civitas akademika, pengelola pondok pesantren Muhammadiyah dan tamu undangan lainnya. Kuliah umum rencananya akan diikuti 7.000 orang.

Selama di Kota Solo, Syekh Besar Az Azhar juga akan menggelar pertemuan dengan alumni Universitas Al Azhar bertempat di Hotel Alila. Usai dari UMS, Prof Dr Ahmed Mohamed Ahmed Altayeb akan mengunjungi Pondok Pesantren Modern Putri Gontor di Mantingan, Ngawi.

Syekh Besar al-Azhar menjadi salah satu dari 50 ulama dan cendekiawan dunia yang mengikuti KTT ulama dan cendekiawan muslim dunia di Bogor. KTT tersebut juga diikuti oleh 50 ulama dan cendekiawan muslim Indonesia. Presiden Joko Widodo membuka langsung KTT Ulama Dunia tersebut. Sementara itu, penutupan KTT Ulama Dunia dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta. (Triawati Purwanto)

Baca Juga :  180 Dosen dan Karyawan Unisri Ikuti Family Gathering

 

 

 

Loading...