Beranda Daerah Wonogiri Warga Pracimantoro Hadapi Kemarau, Ini Persiapannya

Warga Pracimantoro Hadapi Kemarau, Ini Persiapannya

62
BAGIKAN
Iklan Baris Joglosemar News
Tanah retak di dasar Waduk Gajah Mungkur

WONOGIRI—Warga Kecamatan Pracimantoro bersiap menghadapi kemarau tahun ini. Sejumlah langkah telah ditempuh terkait imbas kemarau, yakni bencana kekeringan.

Camat Pracimantoro, Warsito mengatakan, warga di dua desa yakni Desa Gambirmanis dan Watangrejo tidak lagi khawatir dalam mengahadapi musim kemarau tahun ini. Pasalnya dua desa tersebut bakal digelontor air bersih dari Sumber Seropan oleh PDAM.

Menurut dia, saat ini warga di desa-desa tersebut sudah melakukan pendaftaran sambungan rumah jaringan PDAM. Rencananya, aliran jaringan air bersih itu bakal menyuplai kebutuhan warga sebanyak 200 KK di Desa Watangrejo dan 250 KK di Desa Gambirmanis.

“Rencananya sebelum puasa ini air sudah dialirkan. Tapi tidak 24 jam melainkan bergiliran,” jelas dia, Rabu (9/5/2018).

Selain itu, tahun ini ada dua desa di wilayah Kecamatan Pracimantoro yang memperoleh bantuan air bersih. Meliputi Desa Pracimantoro dan Wonodadi melalui program Pamsimas.

Baca Juga :  Geger. Penemuan Mayat Bayi di Jatirejo Giritontro. Awalnya Ada Kain Putih Bernoda Darah

Sementara itu dari 13 telaga yang ada di Kecamatan Pracimantoro, enam diantaranya kondisinya sudah mengering. Meliputi Telaga Braholo di Desa Petir, Telaga Song Ireng di Desa Watangrejo, Telaga Suruhan dan Duyo di Desa Gambirmanis, Telaga Ngaluran di Desa Sumberagung dan Telaga Timbang di Desa Pracimantoro. Telaga-telaga itu mulai mengering sekitar sebulan lalu. Aris Arianto