loading...

Ilustrasi/Tribunnews

Gaya hidup yang serba kompleks tak jarang memunculkan banyak penyakit kronis pada masarakat. Tak terkecuali diabetes.  National Healthcare Center dan American Diabetes Association menyebutkan, diabetes merupakan penyakit yang telah mempengaruhi dunia secara luas.

Penyakit ini muncul sebagai akibat dari ketegangan dan stres yang berlebihan atau diwariskan secara turun temurun. Melansir dari laman Boldsky, Grid.ID merangkum beberapa makanan yang bisa membantu mengontrol penyakit diabetes.

  1. Ikan

Beberapa ikan berlemak sehat bermanfaat bagi pasien diabetes. Ikan diperkaya dengan asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA dan bisa melindungi jantung sebagai akibat dari penyakit diabetes.

Tak hanya itu, asam lemak tersebut juga bisa melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan memperbaiki fungsi arteri.

  1. Sayuran berdaun hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau bisa mengurangi kadar gula dalam darah atau pasien hipertensi. Banyak nutrisi yang dimiliki oleh sayuran berdaun hijau salah satunya antioksidan yang bisa membantu melindungi mata kamu dari katarak dan degenerasi makula, yang terjadi sebagai akibat komplikasi diabetes.

  1. Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki khasiat efektif untuk menurunkan kadar gula dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kayu manis memiliki sifat antioksidan, yang juga bisa menurunkan kadar trigliserida pada pasien diabetes tipe 2 dan kolesterol.

  1. Telur
Loading...

Telur merupakan makanan favorit anak-anak dan orang dewasa. Telur adalah sumber protein yang bisa membatmu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, telur juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

  1. Kunyit

Kunyit juga memiliki khasiat seperti kayu manis. Satu sifat obat yang yang terkenal dalam kunyit adalah curcumin. Curcumin secara aktif bisa menurunkan gula dalam darah, peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya itu kunyit juga bisa meningkatkan kesehatan ginjal yang terkena dampak buruk dalam kasus diabetes.  

www.tribunnews.com

Loading...