JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Bingung Dengan Mata Bengkak karena Menangis, Berikut Cara Mengatasinya

kat jayne
Kat jayne

Setiap orang khususnya wanita pasti pernah menangis dalam hidupnya dengan berbagai alasan. Setelah menangis, terutama dalam waktu yang lama, masalah yang terjadi ialah mata akan terlihat membengkak dan sudah pasti membuat penampilan kurang cantik. Dan orang akan bertanya soal mata itu.

Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk mengatasi mata bengkak ini, seperti dilansir laman Boldsky. Berikut caranya.

1. Kompres dingin
Obat rumah yang paling efektif untuk mengobati mata bengkak setelah menangis semalaman adalah kompres dingin. Suhu dingin akan membantu mengencangkan kulit di sekitar mata dan juga mengendurkan pembuluh darah. Caranya, taruh beberapa es batu di handuk dan bungkus. Letakkan di kedua mata selama beberapa detik atau Anda bisa membasahi kain bersih dengan air dingin dan menahannya di mata selama beberapa detik.

2. Pijat lembut
Kadang-kadang pijatan lembut bisa menjadi trik. Memijat mata setelah menangis membersihkan sumbatan, membuat pembuluh darah di wajah bekerja dengan baik. Caranya, oleskan beberapa tetes minyak kelapa dan pijat dengan lembut. Setelah pijat, berbaring dengan kepala menghadap ke atas dan rileks.

3. Air garam
Air garam adalah obat rumah lain untuk mengurangi bengkak di sekitar mata karena menangis. Alasan garam digunakan karena menggunakan proses osmosis untuk menyerap cairan di sekitar mata yang menyebabkan pembengkakan. Caranya, tambahkan setengah sendok teh garam ke secangkir air hangat dan aduk sampai larut. Rendam bola kapas di air asin dan letakkan di kelopak mata selama 5 menit. Ulangi sebanyak yang diperlukan.

Baca Juga :  Hasil Penelitian di Inggris Klaim Temukan Titik Kelemahan Virus SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19

4. Air mawar
Air mawar juga bisa mengurangi mata bengkak karena memiliki sifat yang dapat membantu mengencangkan kulit di sekitar mata dan mengurangi pembengkakan. Caranya, rendam gulungan kapas di air mawar dan letakkan di mata selama 5 menit. Bilas mata dengan air dan ulangi berkali-kali.

5. Putih telur
Mengoleskan putih telur bisa membantu mengurangi pembengkakan karena menangis. Caranya, pisahkan kuning telur dari putih dan aduk putih telur. Tambahkan beberapa tetes minyak hazel dan aduk rata. Oleskan campuran ini di bawah mata dan setelah itu keringkan dan bilas dengan air.

6. Kantung teh
Teh hitam mengandung tanin yang dapat menembus kulit, memperbaiki sirkulasi darah, dan meredakan pembengkakan. Jadi, setelah minum teh gunakan kantungnya. Basahi dua kantung teh dan dinginkan selama 20 menit. Kemudian letakkan di mata selama 10 hingga 15 menit.

Baca Juga :  Kelebihan Lemak di Perut Bisa Jadi Indikator Kuat Berbagai Penyakit

7. Mentimun
Irisan mentimun juga bisa digunakan untuk membantu meredakan mata yang bengkak. Mentimun mengandung astringen yang membantu mengecilkan kantung mata dan sifat menghidrasi dan bergizi yang bermanfaat bagi mata dalam banyak hal. Caranya, dinginkan irisan mentimun selama 15 menit. Tempatkan irisan dingin di atas mata. Ganti irisan saat menjadi hangat. Ulangi proses ini.

8. Lidah buaya
Lidah buaya juga bermanfaat dalam meredakan mata bengkak. Lidah buaya memiliki kandungan yang baik untuk kulit dan mata, juga mendukung produksi kolagen. Caranya, oleskan gel lidah buaya di sekitar mata dan pijatlah. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air dingin.

9. Minum banyak air
Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kemungkinan retensi air yang dapat meningkatkan pembengkakan di sekitar mata lebih kecil. Caranya, panaska air pada interval teratur dan jika Anda bosan dengan air biasa, tambahkan sedikit air lemon untuk membuatnya beraroma.

10. Air dingin
Bilas wajah dengan air dingin selama beberapa detik dengan konsentrasi pada area kemerahan atau bengkak di sekitar mata. Hindari menyeka air mata karena dapat meningkatkan pembengkakan. Hapus air mata dengan tisu atau saputangan.

www.tempo.co