loading...


Dok SD Marsudirini

Pagi itu, terlihat suasana di kompleks SD Marsudirini Surakarta terlihat berbeda dan istimewa. Sebagian siswa mengenakan seragam batik khas sekolah, dan sebagian lagi mengenakan kaos olah raga.

Uniknya, kebanyakan dari mereka memegang pot tanaman dari  plastik warna hitam. Dan tanpa sungkan-sungkan tangan mereka mengaduk-aduk tanah di dalam pot, sementara yang lain mengucurkan air melalui selang.

Setelah itu, ditancapkannyalah bibit tanaman ke dalam tanah bercampur pupuk dan nutrisi alami  yang sudah diaduk-aduk di dalam pot tersebut.

Baca Juga :  IAIN Salatiga Bangun Hutan Serbaguna Seluas 5 Hektare

Demikianlah kemeriahan dalam acara E-Tani Dini yang berlangsung di halaman parkir sisi timur SD Marsudirini Surakarta, Rabu (6/6/2018) pagi.

Yupirtus Suratno SPd selaku Humas SD Marsudirini  menjelaskan, kegiatan E- Tani Dini merupakan edukasi pertanian dini bagi para siswa di sekolah.  Kegiatan tersebut merupakan   program dari Dinas Pertanian Kota Solo melalui Kelurahan Kampung Baru, yang kemudian menggandeng SD Marsudirini sebagai mitra.

Baca Juga :  IAIN Salatiga Bangun Hutan Serbaguna Seluas 5 Hektare

“Tujuannya adalah pemanfaatan lahan efektif di kota agar menfhasilkan  sayuran yang dapat dikonsumsi  sendiri. Selain itu juga untuk edukasi pertanian bagi anak-anak,” ujar Suratno.

Kegiatan tersebut sangat meriah lantaran diikuti oleh 130  siswa kelas 4. Anak-anak itu tampak antusias dan tidak takut  bertanya pada  petugas cara menanam sayur seperti cabe dan sawi yang benar. # Suhamdani

Loading...