JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Awas, Makanan Ini Bisa Picu Kerusakan Ginjal

Ilustrasi/Tribunnews

Apa yang kita makan dan minum serta gaya hidup yang kita, memiliki dampak langsung pada kesehatan ginjal kita.  Menurut National Institutes of Health,  ginjal termasuk organ vital dalam tubuh,  ginjal menyaring lebih dari 200 liter darah per hari, menyaring sekitar 2 liter sampah.

Ginjal membantu mempertahankan nutrisi yang dibutuhkan dalam darah, jadi tugas kita adalah menjaga kesehatan ginjal agar berfungsi dengan baik. Untuk memiliki ginjal yang sehat dan berfungsi dengan baik, kita disarankan untuk membatasi makanan berikut ini karena berpotensi merusak ginjal. Apa saja makanannya?  Ini jenisnya:

  1. Makan Daging Merah

Menurut sebuah studi tentang hubungan antara diet protein dan fungsi ginjal, sebuah tim di Singapura melihat data medis dari 64.257 orang dewasa Cina.

Baca Juga :  Punya Penyakit Asam Urat, Hindari 12 Bahan Makanan Mengandung Purin Tinggi Ini. Ada Daging, Buah, hingga Sayuran

Orang-orang ini memakan hingga 97% protein dari babi dan sisanya berasal dari ayam, ikan, kerang, telur, produk susu, kedelai, kacang-kacangan.

Data ini diteliti selama 15 tahun dan menemukan korelasi kuat antara makan daging merah dan risiko penyakit ginjal stadium akhir. Mereka juga menemukan bahwa orang yang makan daging paling merah meningkatkan risiko penyakit ginjal sebanyak 45% dibandingkan dengan orang yang makan paling sedikit.

  1. Konsumsi Garam Berlebihan

Garam memiliki kemampuan menahan air, sehingga dapat memperlemah pembuluh darah di ginjal. Padahal, asupan garam berlebihan bisa menyebabkan gagal ginjal. Menurut sebuah penelitian ditemukan bahwa orang dengan penyakit ginjal kronis dapat memperbaiki fungsi ginjal dengan mengurangi konsumsi garam.

  1. Minum Air Soda
Baca Juga :  Waspadai Penyakit MIS-C pada Anak yang Terinfeksi Virus Corona: Gejala Muncul 3-4 Minggu setelah Kena Covid-19, Bisa Tanpa Demam, Batuk, dan Sesak

Ginjal adalah organ yang paling penting, air adalah nutrisi penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit, metabolisme, dan aktivitas fisiologis yang dihasilkan oleh limbah di dalam urin.

Untuk memastikan fungsi ini, kita membutuhkan cukup air untuk membuat ginjal tetap sehat. Nah, ketika kita memilih air soda ketimbang air putih maka ginjal kita akan terancam karena kekurangan cairan.

  1. Jangan Makan Buah Kaya Kalium

Bagi kebanyakan orang, konsumsi buah dan sayuran adalah hal sehat. Namun, bagi orang-orang dengan disfungsi ginjal kronis, buah-buahan dan sayuran (terutama makanan yang kaya kalium) dianggap sebagai pemicu kerusakan ginjal. Nah untuk itu kita disarankan untuk membatasi makan buah yang kaya kalium.

www.tribunnews.com