JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Awas. Kebakaran Lahan dan Hutan Mengancam Warga Wonogiri. Di Eromoko 2 Hektare Lahan Hangus

Kebakaran lahan di Eromoko
Kebakaran lahan di Eromoko

WONOGIRI-Warga Wonogiri tetap diminta waspada dengan ancaman kebakaran. Terlebih sebagian besar kasus kebakaran terjadi lantaran unsur kelalaian manusia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto mengungkapkan, warga tidak boleh lengah terhadap ancaman kebakaran. Pasalnya kebakaran bisa terjadi di semua tempat dan kondisi.

“Tetap waspada, intinya itu,” ungkap dia, Senin (25/6/2018).

Kewaspadaan menurut dia bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya bencana. Selain itu, dengan kewaspadaan juga bisa memperkecil kerugian yang timbul.

Baca Juga :  Fenomena Apa ini, 4 Pasien Positif COVID-19 di Wonogiri yang Meninggal Mengalami Pengentalan Darah, Satgas Percepatan Langsung Koordinasi Dengan Pemprov, Alkes di RSUD pun Ditambah

Salah satu bentuk kewaspadaan adalah, tidak membakar sampah, membuang puntung rokok. Untuk kebakaran di pemukiman dengan cara mematikan semua peralatan listrik ketika meninggalkan rumah. Kompor juga wajib tidak menyala ketika sedang tidak digunakan.

Dia membeberkan, kebakaran yang terjadi akibat kelalaian manusia dipicu oleh kecerobohan saat melakukan pembakaran, terutama pembakaran sampah di lahan. Warga seringkali tidak memperhitungkan situasi sekitar maupun kondisi angin saat membakar sampah. Akibatnya, api kemudian dengan cepat menyebar dan memicu terjadinya kebakaran.

Baca Juga :  12 Warga Kecamatan Karangtengah Wonogiri Terjaring Razia Masker, Akhirnya Hal ini yang Dilakukan Tim Gabungan

“Sudah ada kasus kebakaran lahan milik warga di Dusun Kedung Dadap , Desa/Kecamatan Eromoko. Kahan milik warga berikut tanaman jati tegakan luasan sekitar hampir 2 hektare terbakar, tapi sudah padam,” jelas dia.

BPBD berkoordinasi dengan Damkar untuk membantu upaya penanganan. Bersama warga dilakukan penanganan pemadaman ke lokasi kejadian dibantu aparat TNI / Polri setempat.

Dugaan penyebab kebakaran kelalaian warga membakar dedaunan dan ranting kering sehingga menjalar ke lahan. Aris Arianto