loading...

KARANGANYAR-  Perusahaan di Karanganyar kini tak bisa lagi menghindar dari kewajiban membayar tunjangan hari raya (THR).  Pasalnya perusahaan yang kedapatan tidak membayar THR terancam akan dikenakan pasal tindak pidana ringan (Tipiring).

Hal tersebut dikatakan Kepala  Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi Dan UKM (Disdanakerkop), Waluyo Dwi Basuki, Minggu (03/06/2018).

Menurut Dwi Basuki, pemberian THR kepada karyawan tersebut, diberikan paling satu minggu sebelum perayaan hari raya Idul Fitri. Disdagnakerkop Karanganyar telah menyampaikan himbauan dan sosialisasi mengenai pemberian THR ini ke perusahaan-perusahaan di Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga :  Kajari Ingatkan Pembangunan Infrastuktur Pertengahan Rawan Penyimpangan. Ini Masalahnya! 

“Pemberian sanksi berupa tindak pidana ringan  bagi perusahaan ang tidak memberikan THR kepada karyawan,  telah diwacanakan Pemprov  Jawa Tengah. Untuk itu, kami minta perusahaan memberikan THR yang merupakan hak karyawan yang diberikan satu tahun sekali,” ujarnya.

Dijelaskannya,  besaran THR, katanya, untuk karyawan yang telah bekerja minimal setahun senilai dengan gaji pokok yang diterimanya, bukan dari Take Home Pay.

Menurut SE Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 tahun 2018, rumus perhitungannya adalah masa kerja dibagi 12 lalu dikalikan satu bulan upah Untuk karyawan yang bekerja kurang dari setahun, besaran THR dihitung proposional.

Baca Juga :  Samsat Karanganyar Launching Samsat Keliling, Kasatlantas Ingatkan Telat Pajak Satu Hari Sanksinya Tilang 

“ Kita akan membuka posko pengaduan jika ada perusahaan yang tidak membayar THR. Jika tidak diberikan, kita akan memberikan nota peringatan satu, lalu jika besok THR tidak diberikan maka akan diterbitkan nota peringatan dua,” tandasnya.

Selanjutnya, setelah pemberian nota peringatan ketiga diturunkan dan tidak ditindaklanjuti, Dinas akan membuat BAP. Wardoyo

 

 

 

 

 

Baca Juga :  KPU Resmi Perkenalkan Desain Surat Suara Pileg 2019. Tak Pakai Foto Caleg, Begini Desainnya! 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Loading...