loading...
Loading...
Dua calon gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Sudirman Said berangkulan usai debat publik perdana Pilgub Jateng di Semarang Jumat (20/4/2018). Foto/Tempo.Co

SEMARANG–Hari ini Rabu (27/6/018) di Jawa Tengah akan digelar pemilihan gubernur-wakil gubernur, PDIP Jawa Tengah yakin pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusungnya yakni inkumben Ganjar Pranowo dan Taj Yasin akan menang.

Keyakinan ditunjukkan dalam prediksi suara optimal, moderat dan terburuk yang seluruhnya berada jauh di atas 60 persen. Pilkada Jawa Tengah 2018 diikuti dua pasangan calon, yaitu Ganjar-Yasin dan mantan menteri Sudirman Said dan Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Ida Fauziyah.

Ketua PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto memprediksi perolehan suara terburuk Ganjar-Yasin sebesar 61,6 persen dan yang paling optimal 71,6 persen. “Tapi yangg paling masuk akal (perolehan suara) 65,4 persen,” katanya di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Selasa (26/6/2018) malam.

Baca Juga :  Wabah Anthrax Merebak, Pemprov Jateng Siapkan 50.000 Vaksin. Ini Tips Agar Terhindar dari Daging Terkontaminasi Anthrax

Bambang mengatakan, perhitungan dilakukan menggunakan metode survei harian seperti yang digunakan dalam Pemilihan Presiden Korea Selatan. Menurutnya, survei harian yang dimulai sejak 18 Juni 2018 menjadi alat peringatan dini bagi pemenangan Ganjar-Yasin.

“Kami sudah menggunakan asumsi, bahwa suara mengambang sebanyak 8,6 persen dimiliki pasangan rival (Sudirman Said-Ida Fauziyah),” katanya sambil menambahkan, “Ini tingkat margin of errornya 3,8 dari 7.000 sampel.”

Sementara itu, Sekretaris Tim Pemenangan Pasangan Calon Sudirman Said-Ida Fauziyah, Ikhsan Mustofa, juga menargetkan pemenangan 60 persen suara. Tim pemenangan di kubu ini menyiapkan tim tabulasi penghitungan suara baik real count ataupun quick count dipusatkan di Kantor DPD Gerindra Jateng.

Baca Juga :  Kabar Terbaru Nasib Honorer, Begini Kata Menpan RB Tjahjo Kumolo. Yang Tidak Memenuhi Standar, Diupayakan Diangkat PPPK

“Target kami untuk pemenangan Sudirman-Ida cukup 60 persen saja. Kami akan menang di 38.383 TPS (Tempat Pemungutan Suara), di 51.135 desa/kelurahan, dan di 343 Kecamatan/PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan),” tutur Ikhsan di Kantor DPD Partai Gerindra Jawa Tengah.

www.tempo.co

Loading...