loading...


Pixabay

Saat berbuka puasa begini tidak ada salahnya kita membahas makanan apa saja yang dapat merusak kecerdasan otak kita.

Pada dasarnya setiap makanan bisa menghasilkan nutrisi bagi tubuh, termasuk otak. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang justru bisa berdampak buruk bagi otak.

Berikut jenis makanan yang bisa merusak kecerdasan otak, terutama apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, seperti dilansir Boldsky.

1. Makanan cepat saji
Beberapa studi mengklaim bahwa junk food atau makanan cepat saji dapat secara langsung mengubah komposisi kimia otak dan bisa menimbulkan perasaan cemas berlebih, bahkan depresi.

Baca Juga :  Masih Banyak Yang Percaya Biopsi Malah Bisa Perparah Tumor, Tapi Ini Kata Dokter

2. Makanan bercita rasa manis
Banyak studi menyebut bahwa mengkonsumsi gula secara terus-menerus dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kekuatan daya ingat, menyebabkan masalah pada sistem saraf, dan juga dapat merusak fungsi otak. Sebaiknya, batasi konsumsi makanan dan minuman bercita rasa manis, baik yang mengandung gula maupun sirup jagung.

3. Minuman beralkohol
Alkohol bisa menyebabkan kabut otak. Alkohol bisa secara langsung berdampak terhadap kecerdasan otak, menyebabkan kebingungan, dan merusak memori otak.

4. Lemak trans
Lemak trans bisa membuat seseorang merasa lamban dan juga bisa mempengaruhi respon tubuh dengan melambatkan gerak refleks.

Baca Juga :  Ini Daftar Kosmetik Ilegal dan Berbahaya. Beberapa Artis Di-endorse Merk-merk Produk Kosmetik Oplosan Tersebut

5. Padi-padian
Padi-padian bisa berdampak pada otak dan menyebabkan kabut otak pada jangka panjang. Padi-padian juga bisa mempercepat proses penuaan. Biji-bijian justru lebih baik daripada padi-padian.

6. Makanan olahan
Makanan olahan bisa berdampak pada sistem saraf pusat. Beberapa studi mengklaim jenis makanan ini bisa menyebabkan berbagai penyakit otak apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

7. Makanan bercita rasa asin
Sejumlah peneliti menyatakan bahwa makanan dengan cita rasa asin bisa berdampak pada fungsi kognitif otak. Inilah alasannya kenapa makanan bercita rasa asin membuat orang yang mengkonsumsinya jadi ketagihan.

Baca Juga :  Wouw, Toilet Ini Bisa Mendeteksi Tanda-tanda Penyakit Diabetes dan Kanker

8. Gorengan
Makanan yang diolah dengan cara digoreng juga berdampak pada otak. Menurut beberapa hasil studi, makanan jenis ini bisa merusak ujung saraf.

www.tempo.co

Loading...