JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jangan Gunakan Pasta Gigi untuk Obati Jerawat, Ini Sebabnya

Ilustasi/Tribunnews

Banyak cara untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Di antara sekian banyak cara, salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi.

Kamu mungkin salah satu yang percaya atau mungkin pernah menggunakan teknik ini.

Dilansir dari womenshealthmag, Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di rumah sakit Mount Sinai di New York menjelaskan lebih lanjut hal ini.

“Pasta gigi telah digunakan sebagai obat rumah untuk mengobati jerawat karena mengandung bahan yang disebut triclosan.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Juga Bikin Anak-anak Stres, Ini Tips Menjelaskan tentang Virus Corona pada Anak agar Tidak Cemas

“Bahan ini merupakan antimikroba yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit,” ungkapnya.

Namun, ia juga menambahkan triclosan adalah bahan yang kontroversial. Ini telah dikaitkan dengan gangguan hormon dalam beberapa penelitian.

Kamu mungkin percaya efek dari pasta gigi yang bisa mengeringkan dan mengurangi ukuran jerawat. Faktanya, konsentrasi yang bekeja untuk gigi ternyata lebih keras daripada ketika bahan ini diaplikasikan pada wajah.

Baca Juga :  Disebut Tinggi Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Telur Puyuh, Mulai Cegah Penyakit Kronis hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ini bisa saja membuat kulit iritasi atau kering.

“Kulit yang rentan jerawat akan bereaksi terhadap iritasi dan menghasilkan lebih banyak jerawat,” jelas Kenneth Howe, M.D., di Wexler Dermatology.

Jadi ironisnya, dengan menggunakan pasta gigi pada satu jerawat, maka kamu kemungkinan besar mendapatkan lebih banyak jerawat. Wouw…!

www.tribunnews.com