JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pasar Jatiyoso Karanganyar Terbakar, Deretan Kios Ludes Kerugian Ratusan Juta

Kobaran api membumbung tinggi membakar kompleks Pasar Jatiyoso Karanganyar, Senin (25/6/2018) sore. Foto/istimewa
Kobaran api membumbung tinggi membakar kompleks Pasar Jatiyoso Karanganyar, Senin (25/6/2018) sore. Foto/istimewa

KARANGANYAR- Kebakaran hebat melanda Pasar Jatiyoso, Karanganyar, Senin (25/6/2018) sore. Enam kios serta 3 los yang berada di pasar tradisional terbesar di Kecamatan Jatiyoso itu ludes dilalap si jagi merah sekitar pukul 15.30 Wib.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Camat Jatiyoso, Budi Santoso, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, mengatakan kebakaran tersebut, bermula ketika salah satu pedagang, melihat kobaran api yang berasal dari salah satu kios yang kosong.

Warga dan pedagang berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, bukannya padam, api malah justru semakin membesar. Pasalnya, saat kebakaran terjadi, angin bertiup cukup kencang.

Baca Juga :  Masih Jadi Misteri, Kematian Sopir Ambulans Puskesmas Jaten Karanganyar Yang Dimakamkan dengan Protokol Covid-19. Dinkes Akui Masih Menunggu Hasil Tes Swab, Istri Almarhum Pasrah

Mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi, langsung melokalisir api, agar tidak merembet ke pemukiman warga. Satu jam kemudian, api baru dapat dipadamkan.

“ Kejadianya sangat cepat. Warga melihat kobaran api yang berasal dari kios yang kosong. Api terus membesar dan menghanguskan enam kios serta tiga los pasar,” kata Camat Jatiyoso, Senin (25/06/2018).

Dijelaskannya, pasar yang terbakar tersebut, merupakan pasar lama dan posisinya tepat berada di belakang pasar yang baru saja selesai dibangun. Pasar lama ini, selain digunakan untuk berjualan, juga digunakan tempat tinggal para pedagang.

Baca Juga :  Masa Pandemi, Target Akseptor KB Karanganyar Baru 60 %. Bupati Minta Pasangan Muda Pakai Kontrasepsi, Dinas Akan Gerilya

“Pasar ini juga digunakan para pedagang yang sebagian besar berjualan sembako dan kelontong, untuk tempat tinggal. Kebakaran ini menghanguskan enam kios dan tiga los. Masing-masig los terdiri dari lima  sampai enam kios,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Kurniadi Maulato, menghimbau kepada warga, untuk berhati-hati. Saat meninggalkan rumah, lanjut Kurniadi, pastikan kompor dan aliran listrik  sudah dimatikan.

“ Pastikan seluruh aliran listrik dimatikan saat meninggalkan rumah dan segera melaporkan ke Satpol PP jika terjadi kebakaran,” kata dia. Wardoyo