JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tes Kesehatan Kru Lebaran 2018 di Wonogiri. Kru Bus Hipertensi Dilarang Angkut Penumpang

Kru bus menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Giri Adipura Wonogiri
Kru bus menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Giri Adipura Wonogiri

WONOGIRI-Puluhan kru bus angkutan lebaran 2018 menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Senin (18/6/2018).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Adhi Dharma menerangkan, pemeriksaan penting untuk mengetahui derajat kesehatan kru bus. Terlebih saat momentum lebaran dimana frekuensi perjalanan kru bus meningkat drastis.

“Kru bus yang mengalami kelelahan, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi miras apalagi narkoba, dilarang melanjutkan perjalanan,” terang dia.

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

Pemeriksaan dilakukan setelah puncak arus balik. Pasalnya di saat itulah kru bus tengah capek-capeknya. Pemeriksaan melibatkan Dinas Perhubungan, RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Sarpol PP, serta Polres Wonogiri.

“Pemeriksaan kepada para pengemudi ini dilakukan sebagai bentuk pengendalian faktor resiko gangguan kecelakaan lalu lintas pada sopir bus. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi tensimeter, pemeriksaan amphitamin dalam urine, kadar alkohol serta kadar gula,” jelas dia.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri, Ada Penambahan Kasus Baru Semuanya Dari Pelaku Perjalanan Zona Merah

Sebanyak 52 kru bus menjalani pemeriksaan. Pihaknya juga memberitahu kepada pengemudi yang layak mengemudi untuk hati-hati di jalan. Tidak ditemukan kru bus pengguna narkoba.

Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri, Ismiyanto mengungkapkan, tes kesehatan untuk mewujudkan pelayanan prima selama arus balik dari daerahnya. Selain kelayakan armada bus malam, kru atau awak bus malam juga harus benar-benar sehat dalam mengendarai kendaraan umum. Aris Arianto