JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Wah, Karanganyar Mulai Siapkan Wisata Untuk Lansia. Seperti Apa?

   

KARANGANYAR- Dinas Pariwisata,  Pemuda dan Olahraga Karanganyar menggagas konsep wisata ramah lansia di Bumi Intanpari. Hal itu terungkap dalam sarasehan membahas wisata ramah untuk lansia di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah raga di Nava Hotel Tawangmangu, Kamis (28/06/2018).

Hadir Perwakilan dari Disparpora Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Disparpora Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto, sedangkan untuk peserta adaalah Forum Komunikasi Lansia Provinsi Jawa Tengah.

Kadisparpora menyampaikan serasehan digelar di Kabupaten Karanganyar, karena Karanganyar dinilai memiliki histori dan potensi obyek wisata ramah untuk lansia dengan berbagai prosedur yang sudah ada.

Perwakilan Kementerian Pariwisata menyampaikan berdasarkan survey dari Kementrian Pariwisata, pengeluaran wisman perhari sesuai data passenger exit survey Kementrian Pariwisata di tahun 2008 sebanyak USS 230.76 dan di tahun 2015 sebanyak USS 182.7

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Sedangkan Menurut WTO (2001) diperkirakan tahun 2015, secara Internasional wisatawan lansia akan mencapai 2 Miliyar orang.

“Maka dari itu diperlukan kreasi dan inovasi wisata yang ramah lansia dalam pengelolaannya,” paprnya.

Destinasi, infrastruktur dan fasilitas semuanya harus memenuhi standart prosedur untuk bisa masuk kategori wisata ramah lansia.

Sebagai pendorong wisata lansia ada berbagai hal, antara lain Escape (ingin lepas dari lingkungan menjemukkan), Relaxtion (penyegaran), Play (menikmati kegembiraan lewat berbagai permainan), Strengthening Family Bond (silaturahim). Lalu Prestige (gengsi/social standing), Social Interaction, Romance, Educational Opportunity (ingin mempelajari orang/etnis/budaya lain/daerah), Self Fulfilment (ingin merealisasikan mimpi yang lama dicita-citakan), dan yang terakhir adalah Wish-Fulfilment (melakukan pengehmatan untuk mewujudkan).

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Komponen atau unsur yang harus ada untuk Wisata Ramah Lansia antara lain, adanya biro travel, transportasi, akomodasi/hotel/homestay, kuliner/jasa boga/restoran, atraksi atau kegiatan yang menarik wisatawan, souvenir, pendukung kesehatan.

Karena di Kabupaten Karanganyar hampir semua unsur untuk wisata ramah lansia hampir terpenuhi. Hal itulah yang mendasari sarasehan wisata lansia diputuskan diselenggarakan di Karanganyar.

Sementara Kepala Disparpora Karanganyar Titis Sri Jawoto yang berkesempatan memperkenalkan seluruh wisata dan sejarah Kabupaten Karanganyar secara rinci mengambil Tema Pesona Karanganyar dengan bahasan “ Karanganyar dari jaman purba hingga Nawacita”. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com