JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Piala Dunia 2018, Tidak Ada Tim Afrika yang Lolos Babak 16 Besar. Mengapa?

Para pendukung timnas Senegal, saat mendukung timnas dari benua Afrika itu berlaga. Senegal yang diharapkan bisa mewakili Afrika di babak 16 besar ternyata juga gagal. Foto: fifa.com
   
Para pendukung timnas Senegal, saat mendukung timnas dari benua Afrika itu berlaga. Senegal yang menjadi harapan terakhir bisa mewakili Afrika di babak 16 besar ternyata juga gagal. Foto: fifa.com

JOGLOSEMARNEWS-Untuk Piala Dunia 2018 ini, tidak diikuti tim dari Afrika dalam lanjutan babak 16 besar. Semua tim Afrika rontok di babak penyisihan. Kegagalan Senegal untuk lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 membuat tidak ada satu pun tim asal Afrika yang menembus babak 16 besar di Rusia. Senegal harus lengser karena terkena aturan fairplay.

Senegal gagal melaju dari grup H setelah ditaklukkan Kolombia 0-1 dan kalah poin fair play dari Jepang yang sama-sama mengumpulkan 4 angka dalam tiga pertandingan fase grup.

Sebelum Piala Dunia 2018, Federasi Sepak Bola Afrika mengirimkan lima wakilnya ke Rusia antara lain Mesir, Maroko, Nigeria, Senegal dan Tunisia.

Mesir merupakan negara Afrika pertama yang ikut serta dalam Piala Dunia 1934 di Italia kendati hanya berlaga di fase penyisihan pertama. Pada 1990 Mesir kembali meramaikan Piala Dunia namun tidak mampu meraih kemenangan fase grup setelah diimbangi Belanda dan Irlandia, kemudian kalah 0-1 dari Inggris.

Harapan Mesir untuk lebih banyak bicara di Piala Dunia 2018 membumbung tinggi dengan hadirnya bintang Mohamed Salah. Namun striker Liverpool itu tidak dimainkan pada laga pertama melawan Uruguay karena cedera dan Mesir tersisih tanpa meraih poin di Rusia.

Tim kedua yang tersingkir adalah Maroko karena hanya meriah satu poin di Grup B. Maroko telah mengikuti lima kali Piala Dunia dengan yang pertama pada 1970 di Meksiko.   Prestasi terbaik Maroko adalah menembus babak 16 besar pada Piala Dunia 1986.

Tim ketiga yang tersisih adalah Nigeria karena tidak mampu bertahan dari ketatnya Grup D yang diisi Argentina dan Kroasia. Pasukan Gernot Rorh itu menempati urutan tiga dalam klasemen akhir.

Nigeria yang telah enam kali ikut Pial Dunia, berhasil menembus babak 16 besar pada Piala Dunia 1994, 1998 dan 2014.

Senegal menjadi harapan bangsa-bangsa Afrika untuk lolos ke 16 besar. Namun kekalahan atas Kolombia membuat pasukan Aliou Cisse itu angkat koper dari Rusia.

Senegal yang diperkuat bintang Liverpool, Sadio Mane, memiliki prestasi gemilang pada 2002 saat menembus perempatfinal. Mereka juga diingat karena mengalahkan juara bertahan Prancis 0-1 pada 2002 lewat gol Papa Bouba Diop.

Tunisia yang sudah dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2018, sebenarnya memiliki cukup pengalaman karena sudah mengikuti lima edisi turnamen pada 1978, 1998, 2002, 2006 dan 2018.

Sayangnya, Tunisia dengan pemain bintang Wahbi Khazri tergabung bersama tim-tim berpenampilan menanjak yaitu Inggris dan Belgia di Grup G.

www.teras.id

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com