loading...


Triawati

SOLO- Sebanyak 527 calon jamaah haji dari Kota Solo diberangkatkaan ke tanah suci pada Minggu (29/7/2018). Pemberangkatan para calon jamaah haji tersebut dilakukan setelah para calon jamaah haji masik ke Asrama Haji Donohudan, Sabtu (28/7/2018).

Sebelumnya, calon jamaah haji dari Kota Solo yang dibagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter) yaitu kloter 38, kloter 39 dan kloter 40 dilepas di Balaikota Surakarta. Acara pelepasan calon jamaah haji Kota Solo dibagi menjadi dua lokasi dimana para jemaah di kloter 38 berangkat dari Gedung Majelis Tafsir Alquran (MTA) Solo, sedangkan jemaah di kloter 39 dan 40 dilepas oleh Pemerintah Kota (Pemkiot) Solo di Pendapi Gede Balai Kota Solo.

Baca Juga :  Perusahaan Cat Indaco Percantik Semua Kandang Satwa di Taman Jurug

Kabag Kesra Setda Solo, Danang Sulindriyanto, mengatakan Pemkot Solo memfasilitasi 12 bus untuk mengantar para calon jamaab haji menuju Asrama Haji Donohudan. Pemkot juga memberikan jaket, bekal sarapan pagi dan snack bagi jemaah selama dalam perjalanan dan menunggu pemeriksaan kesehatan.

Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo bersalaman dengan salah satu jamaah calon haji, Sabtu(28/7/2018) Foto: Triawati

“Total calon jamaah haji dari Solo ada 527 orang terdiri dari 45 orang kloter 38 mereka bergabung dengan 310 jemaah dari Kabupaten Purworejo. Kemudian 355 calon jamaah haji kloter 39 dan 127 orang calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 40 yang akan digabung dengan 223 jemaah dari Kabupaten Karanganyar,” urainya, Sabtu (28/7/2018).

Baca Juga :  Sami Luwes Solo Peduli Bencana Palu

Sementara itu, acara pelepasan calon jamaah haji Solo di Pendapi Gede Balai dilakukan oleh Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo. Dalam sambutan tertulis Wali Kota Solo, F. X. Hadi Rudyatmo yang dibacakan Wawali, disebutkan para jemaah akan bergaul dengan berbagai masyarakat dari penjuru negeri dengan niat sama [ibadah haji] namun dengan tabiat berbeda. Ia berharap jemaah dapat mengembangkan sikap toleransi agar dapat menjalankan ibadah haji yang tertib dan lancar.

“Luruskan niat yang ikhlas. Jalankan haji sesuai manasik haji. Jaga kebersamaan, rajut silaturahmi dan jalin komunikasi sesama jemaah haji. Semoga calhaj sehat dan menjadi haji mabrur,” urainya.

Achmad Purnomo mengatakan ibadah haji harus dapat membawa kesalehan sosial hingga hidupnya bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Di akhir sambutan, ia berdoa semoga Tuhan senatiasa memberi bimbingan, kemudahan, dan kesehatan lahir-batin kepada para jamaah haji Kota Solo. Triawati PP

Loading...