Beranda Daerah Sragen Rayakan Kemenangan Ganjar-Yasin Raih 90 % Suara, Ratusan Warga di Kwangen Gemolong...

Rayakan Kemenangan Ganjar-Yasin Raih 90 % Suara, Ratusan Warga di Kwangen Gemolong Gelar Pesta Bakar Ikan

383
BAGIKAN
Ratusan warga Dukuh Gemulung, Kelurahan Kwangen, Gemolong, Sragen saat pesta bakar ikan merayakan kemenangan fenomenal 90 % suara Ganjar-Yasin di dukuh itu, Jumat (27/7/2018) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Meski Pilgub Jateng 2018 sudah lewat, aura kemenangan pasangan Ganjar-Yasin masih begitu membekas di warga Gemolong, Sragen. Salah satunya di Dukuh Gemulung RT 11, Kelurahan Kwangen.

Ya, euforia kemenangan Ganjar-Yasin masih terasa lantaran di dukuh itu, paslon yang diusung PDIP itu mencatatkan rekor kemenangan nyaris mutlak yakni 90 % suara. Raihan fenomenal ini tentu saja menghadirkan kebanggaan bagi warga wilayah itu di tengah hasil kurang menggembirakan lantaran Ganjar-Yasin hanya menang 54 % di Kabupaten Sragen.

Nah, sebagai bentuk syukur, warga satu dukuh di RT 11, Jumat (27/7/2018) malam merayakannya dengan membuat acara spesial. Yakni melakukan pesta bakar ikan yang dilakukan dan dihadiri oleh semua warga satu RT di dukuh tersebut.

Besar kecil tua muda membaur menjadi satu. Mereka rela urunan untuk membeli ikan dan kemudian bersama-sama membakar dan menyantapnya.

Menariknya lagi, pesta bakar ikan itu digelar memanjang dan semua warga duduk lesehan sambil menyantap ikan bakar masakan mereka dengan alas daun pisang.

Pesta unik itu makin lengkap dengan kehadiran Lurah Kwangen, Endang Widayanti yang turut hadir bersama anggota DPRD Sragen dari PDIP Dapil II, Rizka Ayu Yadi Putri. Keduanya juga turut membaur bersama warga menyantap dan menikmati kemeriahan warga malam itu.

“Iya, sangat meriah dan luar biasa. Warga sini memang punya nazar kalau menang 90 % untuk Pak Ganjar mereka katanya akan pesta bakar ikan. Karena berhasil dapat 90 % suara bahkan lebih di RT ini, nazar itu dituntaskan malam ini, ” ujar Endang.

Baca Juga :  Ban Mendadak Pecah, Truk Langsung Goyang dan Terguling Masuk Parit di Mondokan 
Lurah Kwangen, Endang Widayanti (kanan) bersama legislator PDIP, Rizka Ayu saat menunjukkan tumpeng yang akan dipotong. Foto/Wardoyo

Terlepas dari nazar itu, ia mengapresiasi positif kekompakan warga di dukuh itu. Ia berharap semangat guyub rukun dan kebersamaan yang ditunjukkan itu merupakan salah satu kearifan lokal budaya yang patut diapresiasi.

“Semangat kekompakan dan keguyubrukunan ini sebuah kearifan lokal yang patut dicontoh untuk warga dukuh lainnya, ” tuturnya.

Total ada sekitar 150an warga yang hadir memeriahkan pesta bakar ikan itu. Saking uniknya,  acara itu juga menggerakkan salah satu artis Timlo dari Solo untuk hadir memeriahkan suasana.

Tak ketinggalan,  legislator Rizka Ayu yang berangkat dari Dapil Plupuh, Gemolong, Sragen juga hadir memenuhi undangan warga. Rizka yang malam itu juga merayakan ulang tahunnya, tampak mengapresiasi keberhasilan warga Dukuh Gemulung yang menorehkan rekor perolehan suara tertinggi Pilgub di wilayah Sragen.

“Pesan saya,  tetap jaga semangat gotong royong, guyub rukun dalam hal apapun. Karena itu adalah kekuatan kita dan warisan leluhur yang harus terus dikedepankan, ” tukasnya. Wardoyo