JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Alhamdulillah. Dokter Hewan UGM Berikan Pelayanan Kesehatan Sapi Gratis Bagi Peternak Girimarto

Pemberian vaksin sapi di Girimarto
Pemberian vaksin sapi di Girimarto

WONOGIRI—Ratusan peternak sapi di wilayah Kecamatan Girimarto, menikmati pelayanan kesehatan sapi gratis. Pelayanan kesehatan itu merupakan program pengabdian masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Camat Girimarto, Suparmo mengatakan pelayanan kesehatan gratis melibatkan 100 dosen, mahasiswa S2 serta 30 mahasiswa KKN Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Kegiatan didukung penuh Pemkab Wonogiri. Bahkan, istri Bupati Verawati Joko Sutopo yang juga seorang dokter hewan ikut turun langsung ke kandang.

Baca Juga :  838.732, Ini Jumlah Daftar Pemilih Sementara Atau DPS Pada Pilkada Wonogiri 2020

“Tim dari UGM dibagi menjadi lima kelompok untuk memberikan pemeriksaan kesehatan sapi secara gratis,” kata dia, Jumat (20/7/2018).

Dia menerangkan, di wilayahnya terdapat 150-an peternak sapi. Tahun lalu, wilayahnnya memperoleh bantuan sapi sekitar 138 ekor beserta kandang komunal yang tersebar di 18 titik dari Kemendes PDTT.

Baca Juga :  Pengesahan Warga Baru PSHT Wonogiri, Anggota Perguruan Luar Daerah Dilarang Masuk, TNI-Polri Pemkab Gelar Apel Siaga

Program kali ini merupakan tahun pertama yang dilakukan oleh UGM. Rencananya program berlanjut setidaknya selama tiga tahun.

Pelayanan kesehatan itu merupakan salah satu upaya UGM menciptakan kawasan integrasi di Girimarto. Suatu wilayah yang menggabungkan potensi pertanian, peternakan, pariwisata dan juga pemberdayaan masyarakat. Aris Arianto