loading...


Para alumni UGM saat berfoto bersama. Foto: dok

SUKOHARJO-Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) di wilayah eks Karesidenan Surakarta, menggelar reuni sekaligus halal bihalal, bertempat di pinggir danau kompleks Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Minggu (8/7/2018).

Acara berlangsung semarak dan meriah. Mereka berdatangan dari lintas angkatan dan lintas fakultas yang pernah menimba ilmu di Unversitas Gadjah Mada (UGM).

Sebagai tuan rumah adalah Dr Sofyan Anif MSi yang saat ini menjabat sebagai Rektor UMS. Sofyan adalah salah satu anggota dari Kagama yang berasal dari Fakultas Biologi UGM.

Reuni dan halal bi halal diwarnai dengan saling cerita dari berbagai lintas generasi dan fakultas. Mereka bernostalgia selama masih menjalani sebagai mahasiswa di kampus Yogyakarta tersebut.

Tampak pula Wakil Walikota Surakarta, Achamd Purnomo yang hadir dalam kesempatan itu karena dia adalah alumni Fakultas Farmasi UGM. Dan masih banyak tokoh-tokoh lain yang hadir di tempat itu.

Baca Juga :  Solichul Hadi Raih 2 Award Sekaligus di ISoRIS 2018: Best Paper dan Best Poster

Sofyan Anif selaku tuan rumah menyampaikan rasa bahagianya atas terlaksananya acara tersebut. “Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Baik sebagai rektor maupun pribadi dan sebagai Kagama Solo,” ungkapnya.

Sofyan Anif selaku tuan rumah saat menyampaikan sambutan selamat datang.

Dalam kesempatan ini, Sofyan Anif menyampaikan bahwa UMS sebagai salah satu dari 176 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan salah satu dari 3.650 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang diakui sebagai Perguruan Tinggi terbesar di Indonesia.

Tidak hanya itu, Rektor UMS juga mengungkapkan bahwa belum lama ini dia mendapat kabar dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bahwa Fakultas Kedokteran UMS dalam uji kompetensi dokter meraih rata-rata kelulusan 94 persen.

Baca Juga :  UNS Berikan Penghargaan Kepada Pemerhati UMKM

Berdasarkan hasil tersebut, Fakultas Kedokteran UMS berhasil meraih urutan ketiga dari seluruh Fakultas Kedokteran di Indonesia. Bahkan penghargaan yang diberikan kepada UMS tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Dia juga menyampaikan bahwa setelah itu dari Kemenristekdikti kembali memberikan penghargaan Science and Technology Index (SINTA Award) kepada UMS, Rabu (04/07/2018).

SINTA Award sendiri merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada perguruan tinggi yang jurnal terpublikasinya banyak. Hingga saat ini UMS berada di peringkat kelima dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam hal publikasi jurnal terbanyak.

“Kami masih urutan kelima dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Nomor satu adalah UI dan nomor dua UGM. Kami nomor lima,” jelasnya.

Baca Juga :  UMS Bangun Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kupang NTT

Acara reuni dan halal bihalal ditutup dengan foto bersama. Menurut Sofyan Anif, jalinan silaturahmi sesama alumni UGM sampai saat ini masih terus terjalin hingga saat ini. Bahkan komunikasi informal masih terus berlangsung di antara sesama mereka. (Triawati P)

Loading...