loading...


Bupati meresmikan proyek saluran irigasi yang didanai pusat di Kecamatan Slogohimo.

WONOGIRI–Bupati Joko “Jekek” Sutopo meresmikan sejumlah proyek saluran air di Wonogiri, Senin (30/7/2018).

Total dana Rp 2.730.000.000,00 dikucurkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air untuk proyek tersebut di 14 desa di 3 Kecamatan di Wonogiri.

Proyek tersebut adalah Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Merupakan kegiatan bertujuan meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan, dalam rangka mendukung program Kementerian Perumahan Rakyat.

P3-TGAI yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air (SDA) Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS-BS) bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui pemeliharaan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi kecil (luas kurang dari 150 hektar), irigasi tersier dan irigasi desa dengan melibatkan langsung Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A).

Baca Juga :  Final IPAPIDAS Cup I. Persega Gandul Pracimantoro Tekuk New Zettle Karanganyar 2-0, Warga Joho Dapat Motor

“Penerima P3-TGAI ini adalah 14 kelompok tani, dengan rincian, 12 desa di kecamatan Slogohimo, 1 desa di kecamatan Ngadiro dan Kismantoro. Masing-masing desa memperoleh Rp 195 juta yang dananya langsung disalurkan dari rekening kas negara ke rekening P3A/GP3A lewat mekanisme LS,” jelas Bowo Dwi Hartono, Kabid SDA DPU Kabupaten Wonogiri, Senin (30/7/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wonogiri, Joko “Jekek” Sutopo nggowes (bersepeda) sejauh kurang lebih 10 kilometer di desa-desa yang ada di Kecamatan Slogohimo guna meresmikan proyek P3-TGAI. Di setiap lokasi proyek P3-TGAI, Bupati mamasang prasasti guna menandai selesainya pengerjaan proyek tersebut. Bupati menyambut baik adanya Program P3-TGAI.

Baca Juga :  Bangun Bendungan Raksasa di Karanganyar, Kementerian PUPR Butuh 196 Hektare Lahan. Anggarannya Sampai Rp 2 Trilyun

“Dengan adanya Program P3-TGAI, kelompok P3A maupun GP3A diharapkan mampu lebih giat lagi dalam menghidupkan kelompoknya, dikarenakan program tersebut dikerjakan, diawasi, dan dimanfaatkan sendiri oleh kelompok,” sebut Bupati.

Hadir pula Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Charisal Akdian Manu, untuk serah terima aset hasil pekerjaan P3-TGAI dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo ke desa untuk dikelola. Sementara, untuk menunjang pengelolaan jaringan irigasi, Bupati juga menyerahkan bantuan peralatan berupa 24 unit mesin potong rumput senilai masing-masing Rp 4.250.000 kepada petugas lapangan di 24 Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri. Aris Arianto

Loading...