Beranda Daerah Boyolali Ganjar-Yasin Menang Telak Di Boyolali Dengan Perolehan 403.890 Suara

Ganjar-Yasin Menang Telak Di Boyolali Dengan Perolehan 403.890 Suara

35
BAGIKAN

Triawati PP

BOYOLALI– Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Nomor Urut 1 Ganjar-Yasin menang telak dalam Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Boyolali. Ganjar-Yasin menang dengan perolehan suara 403.890 suara, lebih unggul dari pasangan Said-Ida dengan perolehan suara total 162.754.

Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Harjono mengungkapkan, hasil tersebut diperoleh berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang digelar Kamis (5/7/2018), di Gedung Singosewayan. Dari hasil rekapitulasi, jumlah seluruh suara sah sebanyak 566.644 dan 18.832 untuk suara tidak sah. Total jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 585.476 suara. Dari hasil pilgub 2018, diketahui pasangan Ganjar-Yasin memperoleh suara 100% di sejumlah TPS.

“Iya, ada sejumlah TPS dimana salah satu calon menang 100%. Dan saya sudah melakukam pengecekan di lapangan dan memang benar. Kalau secara prosea pemungutan suara, bisa saja. Dan peroleham suara untuk paslon itu hak masyarakat, kami tidak bisa mendikte atau mengarahkan,” paparnya.

Menurut Siswadi, kemungkinan dapat terjadi karena saksi paslon lawan tidak mencoblos di TPS tersebut.

“Itu hak masyarakat. Kemungkinan kalau saksi paslon lawan tidak memilih di TPS tersebut, dia dari TPS lain. Kalau saksi mau memilih di TPS itu padahal dia bukan pemilih disitu ya harus memakai formulir A5. Dan ternyata saksi tidak memilih di TPS itu, kemungkimam kembali ke TPSnya. Jadi memang bisa dapat 100%,” imbuhnya.

Seperti diketahui, sebanyak 14 TPS diketahui hasilnya Ganjar-Yasin menang 100%. Salah satunya di TPS III Desa Senden, Kecamatan Selo, Boyolali dimana Ganjar-Yasin memperoleh suara 296 suara. Sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah sama sekali tidak memperoleh suara. Kemudian 13 TPS lainnya di Boyolali, Ganjar-Yasin juga memperoleh suara mutlak tersebut, sedangkan jumlah TPS Pilgub di Boyolali sebanyak 1.645. Ke TPS tersebut yaitu di Kecamatan Selo ada 6 TPS. Terdiri TPS 8 Desa Lencoh, TPS 4 Desa Suroteleng, TPS 1 dan 3 Desa Senden serta TPS 1 dan 3 Desa Jeruk. Kemudian di Kecamatan Juwangi, di TPS 1 dan 3 Desa Krobokan, TPS 4 Desa Cerme dan TPS 2 Desa Kayen. Di Kecamatan Mojosongo, Ganjar-Yasin juga memperoleh suara 100 persen di TPS 4 Desa Tambak. Lalu di TPS 2 dan 4 Desa Bengkle, Kecamatan Wonosegoro dan TPS 4 Desa Cluntang, Kecamatan Musuk. Triawati PP