Beranda Daerah Wonogiri Mau Aman Naik Motor?Jangan Terbiasa Posisikan Jari di Atas Tuas Rem

Mau Aman Naik Motor?Jangan Terbiasa Posisikan Jari di Atas Tuas Rem

104
BAGIKAN
Posisi jari yang salah saat naik motor

WONOGIRI-Rem menjadi salah satu piranti super penting pada kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Namun jika tidak paham dengan karakteristik rem serta tidak mau tahu cara memperlakukan rem dengan benar, bisa-bisa malah berujung celaka.

Hal tersebut diungkapkan seorang teknisi bengkel sepeda motor di Wonogiri, Haryanto, Rabu (11/7/2018). Menurut dia, saat ini masih lazim terlihat biker atau pengendara sepeda motor yang salah saat berkendara, khususnya memposisikan tangan dan jari. Masih banyak yang menempatkan beberapa jarinya di atas tuas atau handel rem.

“Padahal ini sangat tidak dibenarkan,” ungkap dia.

Kadangkala, jelas dia, beberapa jari, biasanya telunjuk dan jari tengah menempel di atas tuas rem saat menggeber motor. Posisi ini dia sebutkan tidak dianjurkan. Pasalnya dikhawatirkan ketika tidak sadar jari menekan tuas rem.

“Bisa dibayangkan apa yang terjadi kalau mendadak tuas rem ditekan saat melaju,” sebut dia.

Posisi yang benar, tangan dan kelima jemari harus memegang penuh pada stang di handgrip. Dengan demikian handling menjadi mantap dan kokoh.

Baca Juga :  Lahan Jati di Singodutan Selogiri Terbakar, Untuk Memadamkannya BPBD Pakai Alat Ini

Ketika akan mengerem, tangan menuutup bukaan gas secara bertahap terlebih dahulu. Baru disusul menekan rem dengan lembut. Rem depan khususnya yang pada motor era sekatang sudah menerapkan sistem cakram, cukup ditekan pada tuas menggunakan jari telunjuk dan jari tengah.

“Menekan secara lembut, jangan mendadak,” terang dia.

Pria berperawakan sedang ini memaparkan, kebiasaan salah penempatan jari mesti diubah. Sekali dua kali cukup susah, tapi lambat laun menjadi kebiasaan yang baik. Aris Arianto