JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Naning Sri Rahayu. Tari dan Segudang Prestasi

Naning Sri Rahayu
Naning Sri Rahayu

WONOGIRI-Ungkapan “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”, tidak berlaku bagi Naning Sri Rahayu. Dia  memiliki seabrek prestasi di bidang seni, khususnya tari, tapi orang tuanya tidak ada yang berkecimpung di bidang seni.

Pun dia juga mengaku tidak memiliki latar pendidikan seni. Namun hal itu bukan menjadi soal baginya untuk terus berkarya.

“Kebetulan sejak masih kecil saya itu hobi menari. Sejak kelas 3 SD sudah ikut sanggar tari sampai tergabung dalam tim kesenian Kabupaten Wonogiri,” ungkap gadis tinggi semampai kelahiran 16 Oktober 1992 ini, Kamis (26/7/2018).

Sarjana Administrasi Publik yang juga staf administrasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri ini mengungkapkan, menari merupakan bahasa universal. Penari bisa berkomunikasi dengan siapapun, lintas bangsa dan negara melalui gerak tubuh yang berbalut keindahan. Bahasa yang universal tersebut tidak hanya dimengerti, namun bisa juga dipelajari.

Baca Juga :  Geger Penampakan Ular Sanca Raksasa di Dusun Tukluk Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo Wonogiri, Masuk Rumah Warga Akhirnya Sukses Dievakuasi Personil Damkar Wonogiri

Lantaran itu, dia kini “nyambi” menjadi guru ekstra tari di sejumlah TK dan SD. Melangkah lebih jauh lagi, anak bungsu dari dua bersaudara warga Lingkungan Brajan RT 2 RW 5 Kelurahan Kaliancar, Selogiri ini telah mendirikan sanggar tari. Namanya Sanggar Tari Sahwahita

Sampai sekarang jumlah anggota sanggarnya ada 60 orang. Tidak puas dengan mendirikan satu sanggar, Naning membuka kembali sanggar yang sama di kecamatan Pracimantoro.

Beberapa kegiatan dan capaian prestasi yang diraih yaitu sebagai tim kesenian wakil Indonesia dalam rangka Promosi Kebudayaan di Belgia dan Paris 2007,  penghargaan dari KBRI untuk Kerajaan Belgia Keharyapatihan Luksemburg dan Uni Eropa dalam rangkaian kegiatan Diplomasi dan Promosi Budaya Indonesia di Belgia 2008, serta penghargaan dari KBRI di Singapura dalam rangka Promosi Budaya dan Pariwisata Indonesia 2009.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri, Ada Penambahan Kasus Baru Semuanya Dari Pelaku Perjalanan Zona Merah

Naning juga menjadi bagian tim kesenian wakil Indonesia dalam rangka Enchanting Indonesia 3 tahun 2009, peraih Certificate Of Appreciation Asia’s Grandest Street & Floats Parade Chingay Parade Singapore 2009, sebagai tim kesenian Indonesia dalam rangka World Expo di Shanghai-China tahun 2010, tim kesenian wakil Indonesia dalam rangka Enchanting Indonesia 5 tahun 2011, juara I Festival Tari Daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah 2012, peraih Terbaik I Pemilihan Pemuda Pelopor Bidang Seni Budaya Kabupaten Wonogiri 2013, dan wakil tim kesenian Indonesia dalam rangka Sales Mission Russia 2013. Aris Arianto