JOGLOSEMARNEWS.COM Info Info Haji

Pemberangkatan Jamaah Haji Kloter 1, Ganjar Berpesan Agar Tak Lupa Mendoakan Jawa Tengah dan Sanak Saudara agar Diberikan Keselamantan dan Kesejahteraan

Triawati
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

170718pemberangkatan haji
Triawati

SOLO– Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo melepas rombongan haji kelompok terbang (kloter) pertama, Selasa (17/7/2018), di Embarkasi Haji Solo yang terletak di Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Sebanyak 359 jamaah haji dari Kabupaten Tegal berangkat ke tanah suci pukul 05.35 WIB.

Dalam sambutannya, Ganjar menekankan agar penyelenggaraan ibadah haji 2018 ini tetap terjaga kualitasnya. Pasalnya, Embarkasi Solo tercatat sebagai embarkasi terbaik tahun lalu dari 12 embarkasi yang ada di Indonesia dalam hal pelayanan kepada para jamaah haji.

“Embarkasi Surakarta Jateng ini, pada penyelenggaraan tahun lalu mendapat penilaian paling bagus dalam pelayanan dibanding embarkasi lainnya. Dan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, lebih tertata, sehingga kami berharap hingga akhir kegiatan bisa melayani dengan baik,” kata Gubernur yang didampingi Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Farhani.

Ganjar memberikan apresiasinya terhadap Kantor Wilayah Kementerian Agama Jateng sebagai penyelenggara yang telah bekerja sama dengan Pemda yang menyediakan sarananya, dan dibantu TNI/Polri, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga :  2 Pegawainya Positif Covid-19, Kampus ISI Solo Lockdown Hingga 28 November

“Bagi para calon jamaah haji yang belum diberangkatkan, harus tetap menjaga kesehatannya, menyiapkan dokumen pribadinya, jamaah dalam satu kelompok tetap terikat, sehingga mereka tidak terpisah. Jamaah jika merasa sakit tidak segan untuk bertanya kepada petugas pendamping kloternya,” ujarnya.

Di sisi lain, Ganjar juga meminta kepada rombongan jemaah calon haji kloter pertama untuk mendoakan Negara Indonesia pada umumnya, Jawa Tengah, dan sanak keluarganya agar diberikan keselamantan dan kesejahteraan.

Sementara itu Kepala PPIH Embarkasi Surakarta, Farhani mengatakan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, jumlah jemaah yang akan diberangkatkan sebanyak 34.112 calon haji atau meningkat 33.837 calon haji dibanding tahun sebelumnya. PPIH Embarksi Surakarta memberangkatkan jamaah sebanyak 34.112 orang terdiri atas 30.479 calon haji asal Jateng, 3.158 dari Jogya (DIY), serta 475 petugas pendamping kloter. Jumlah itu, akan dibagi menjadi 95 kloter, dimulai tanggal 17 Juli hingga 26 September 2018.

Baca Juga :  Arab Saudi Belum Umumkan Kuota Haji 2021, Kemenag Siapkan Tiga Skenario: Kuota Penuh, Terbatas, atau Tidak Kirim Jemaah

 

“PPHI Embarkasi Surakarta memberangkatan kelompok terbang (Kloter) pertama sebanyak 359 jamaah calon haji asal Tegal Jateng ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, sekitar pukul 05.35 WIB. Rombongan calon haji akan menempuh perjalanan udara ke Tanah Suci kurang lebih dengan waktu 10 jam, dan diperkirakan akan tiba di bandara Medinah di Arab Saudi, sekitar pukul 13.20 WIB,” tukasnya.

Rombongan jamaah calon haji kloter pertama setelah mengikuti upacara pelepasan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan, kemudian langsung memasuki bus masing-masing sekitar pukul 03.00 WIB dan meninggalkan asrama menuju ke bandara. Triawati Prihatsari Purwanto