JOGLOSEMARNEWS.COM Info Info Haji

Pemeriksaan Biometrik Calhaj Kembali Lancar, 3 Kloter Masuk Donohudan 

Triawati
Pengecekan dapur asrama haji. Foto/Triawati PP

SOLO- Setelah sempat mengalami kendala teknis, pemeriksaan Biometrik  (pemeriksaan retina mata dan sidik jari, red), saat ini sudah kembali normal dan tidak ada lagi antrian panjang untuk pemeriksaan.

Sebelumnya pada kloter pertama sempat terkendala tehnis akibat keterbatasan personil.

Kasubag humas PPIH Embarkasi Solo, Afif Mundzir, ketika duhubungi melalui telepon selularnya, mengatakan, pemeriksaan biometrik satu kloter yang terdiri dari 360 orang hanya dapat terlayani sekitar 50 persen saja. Sedangkan sisanya harus menjalani pemeriksaan setelah berada di tanah suci Mekah.

Baca Juga :  AMAN Gencar Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan dan Tangkal Hoax Soal Wabah Covid-19

“ Pemeriksaan biometrik yang dilakukan di asrama haji donohudan benar benar memangkas waktu sebelum menunaikan ibadah haji. Jika tahun lalu setibanya di tanah suci harus menunggu antrian panjang, maka mulai musim haji tahun ini jemaah bisa langsung menuju ke tempat penginapan ,” katanya, Selasa (24/07/018).

Sementara itu, hingga  hari ke 7 masa pemberagkata haji, tidak ada satupun calon jamaah haji yang ditinggal karena beberapa hal.

“ Dua jamaah yang sebelumnya sakit dan harus dirujuk ke RS Dr Moewardi , telah dinyatakan sehat dan telah diberangkatkan ke tanah suci,” jelasnya.

Baca Juga :  Warga Solo Positif Corona Tambah 15, Ada Bayi Nakes Hingga Lansia, Kini Total 548 Kasus

Ditambahkannya, pada hari senin (3/07/018)  terdapat dua kloter, satu kloter yakni 21 asal Sleman telah bertolak melalui Embarkasi Solo pada Senin pagi pukul 05.55 WIB.

Sedangkan kloter 22 asal Kabupaten Bantul, diberangkatkan pada pukul  17.25 WIB.Tiga kloter yang sudah  masuk ke asrama haji Donohudan adaah kloter 23 DIY, kloter 24 Bantul dan kloter 25 asal Sleman. Wardoyo