JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pemkab Sragen Launching Inovasi Izin Penelitian Online. Mau Mengajukan Penelitian, Cukup Via SMS 

Launching aplikasi izin penelitian online SI PIPO. Foto/Wardoyo
Launching aplikasi izin penelitian online SI PIPO. Foto/Wardoyo

SRAGEN-  Pemkab Sragen merilis inovasi baru dalam pelayanan dan penerbitan izin penelitian. Inovasi baru itu diberi nama Sistem Informasi Pelayanan Izin Penelitian Online atau disingkat SI PIPO.

Inovasi itu dilaunching dua hari lalu oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Peresmian dilakukan bersamaan acara Penerimaan Mahasiswa KKN Tematik Integratif UNS dan Launching Aplikasi Izin Penelitian Online “SI PIPO” Bappeda Litbang Kab. Sragen, yang berlangsung di Aula Sukowati.

Dalam sambutannya, Bupati Sragen mengungkapkan bahwa dibangunnya aplikasi “SI PIPO” akan memangkas alur izin penelitian menjadi One Stop Service.

Baca Juga :  Viral, Video Pemandangan Miris Ratusan Pelamar Kerja di Pabrik Boneka PT CWI Masaran Sragen Berkerumun dan Berdesakan Memasukkan Lamaran. Sebagian Bahkan Sampai Terinjak-Injak Pelamar Lain

“Dimana panjenengan tinggal mendaftar atau mengajukan permohonan secara online darimana saja dan kapan saja, cukup melalui aplikasi ini,” terang Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menambahkan jika izin penelitian sudah jadi / terbit secara otomatis akan mendapat SMS pemberitahuan untuk mengambil di Bappeda Litbang Sragen.

“Inovasi ini akan sangat membantu masyarakat pemohon izin penelitian karena akan dilayani dengan prima yaitu lebih mudah, lebih cepat, dan lebih hemat, efektif serta efisien dalam segi waktu, energi maupun biaya,” jelas Bupati.

Baca Juga :  Kesalahannya Fatal, 12 Peserta Ujian SKB Seleksi CPNS Sragen Dipastikan Langsung Gagal. Satu Peserta Positif Covid-19 Ujian tanggal 28 September, 73 Orang Ujian di Luar Sragen

Peresmian aplikasi SI PIPO ini ditandai dengan mengucapkan Basmallah dan dilanjutkan menekan tombol “SI PIPO” pada layar touchscreen oleh Bupati Sragen yang didampingi Asisten III Ir. Simon Nugroho Sri Yudanto, dan Kepala Bappeda Litbang Tugiyono.

Sistem ini nantinya juga akan segera disosialisasikan agar masyarakat bisa menikmati pelayanan baru Pemkab Sragen.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus izin penelitian dapat langsung mengakses pada alamat website izinpenelitian.sragenkab.go.id. Wardoyo