JOGLOSEMARNEWS.COM Info Info Haji

Alhamdulillah, Setelah Nabung 10 Tahun Akhirnya Tarunah Bisa Berangkat Haji

Tarunah. Foto: Triawati
   
Seorang calon jamaah haji dari Kabupaten Tegal, Tarunah Sajar Saman berusia 86 tahun bisa berangkat Haji setelah menabung selama 10 tahun. Foto: Triawati

SOLO– Seorang calon jamaah haji dari Kabupaten Tegal, Tarunah Sajar Saman berusia 86 tahun tercatat sebagai jamaah tertua dari Kabupaten Tegal. Warga Bumijawa RT 06/01, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal tersebut berangkat haji tahun ini ditemani anak dan menantunya.

Tarunah menyiapkan diri untuk berangkat haji dengan menabung dari hasilnya berdagang berbagai macam barang sekitar 10 tahun terakhir. Dirinya berjualan apapun yang bisa dia dagangkan diantaranya tempe, gorengan, sayur dan lainnya. Kemudian uang tabungan tersebut dimasukkan ke Bank untuk mencicil pendaftaran haji sedikit demi sedikit.

“Ibu menabung dari hasil berdagang selama 10 tahun terakhir, ditambah dengan uang pensiunan bapak. Sejak bapak meninggal dunia, seluruh uang pensiunan yang diperoleh dari bapak yang seorang veteran ditabung hingga bisa berangkat sekarang ini,” papar Sukhur (48), putra Tarunah yang mendampinginya, Senin (16/7/2018), di Embarkaso Haji Solo.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Sementara itu, Tarunah mengaku bahagia bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Dirinya mengaku telah menyiapkan dirinya dengan matang.

“Persiapan dengan banyak berdoa, beribadah. Karena saya sudah tua semoga kuat dan ibadah lancar,” tuturnya.

Di sisi lain, Tarunah tiba di Embarkasi Haji Solo, Senin (16/7/2018), bersama 358 calon jamaah haji dari Kabupaten Tegal lainnya yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) satu. Rencananya, kloter satu akan diberangkatkan menuju tanah suci pada Selasa (17/7/2018) pukul 05.35 WIB.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo mencatatkan sebanyak 60 persen dari seluruh calon jamaah haji di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk kategori resiko tinggi (risti). Pasalnya, mayoritas calon jamaah haji berada di rentang usia lanjut.

Menurut Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Afief Mundzir, dari total jamaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Donohudan, Ngemplak, Boyolali sebanyak 34.112 orang, 60 persen di antaranya masuk dalam kategori risti.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri

“Karena jadwal tunggu haji di Indonesia semakin ke sini semakin lama, maka tidak heran jika jumlah calon jamaah haji risti semakin meningkat juga. Namun kami tidak menganggap hal itu sebagai persoalan besar, karena persiapan yang dilakukan sudah matang,” urainya, Senin (16/7/2018).

Sementara itu, persiapan PPIH Embarkasi Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali dalam menyambut kedatangan para calon jamaah haji telah mencapai 100 persen. 34.112 calon jamaah haji akan diberangkatkan dalam 95 kelompok terbang (kloter).

“Untuk kloter pertama, gelombang pertama calon jamaah haji dari Kabupaten Tegal telah tiba di Embarkasi, Senin (16/7/2018), sekitar pukul 07.30 WIB. Para calon jamaah haji berjumlah 359 orang tersebut akan diberangkatkan ke tanah suci pada Selasa (17/7/2018) pukul 05.35 WIB,” paparnya. Triawati Prihatsari Purwanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com