loading...


Foto Bahrum Naim

JAKARTA-  Pentolan ISIS Indonesia, Bahrum Naim (34) dikabarkan tewas dalam sebuah serangan drone di Suriah. Kabar tersebur dilansir oleh media setempat.

Bahrum Naim selama ini dikenal sebagai perekrut melalui media online dan instruktur pembuatan bom untuk melancarkan serangan teror.

Menurut beberapa sumber, Bahrum melakukan rekrutmen melalui propaganda di internet serta mempengaruhi pemuda Indonesia bergabung dengan ISIS di Suriah. Dia juga merekrut orang untuk dijadikan pelaku bom bunuh diri, termasuk dua pembantu rumah tangga di Indonesia.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut Mobil Pasangan Selingkuh Kontraktor dan LC Cantik, Hancur di Jurang Sarangan. Prianya Tewas Mengenaskan, Ceweknya Terjepit 

“Bahrum Naim tewas oleh serangan drone Amerika Serikat di Suriah sebelum Ramadan,” kata seorang sumber keamanan kepada Channel News Asia.

Kabar sebelumnya menyebutkan, Bahrum tewas pada November 2017 tetapi tidak ada yang bisa memberikan klarifikasi tentang kematiannya.

Pejabat keamanan di Suriah berharap kematiannya dapat memperlemah propaganda ISIS di Indonesia.

“Bahrum sangat berpengaruh. Dia mempengaruhi banyak orang untuk bergabung dengan ISIS. Dia mengajarkan orang bagaimana membuat bom melalui aplikasi Telegram,” kata sumber.

Baca Juga :  Ini Dia Bahasa Kode dalam Kasus Suap Meikarta yang Seret Bupati Bekasi Jadi Pesakitan

“Dengan kematiannya, setidaknya akan dapat mengurangi propaganda ISIS, rekrutmen, pembuatan tutorial bom,”.

Bahrum menjadi penyumbang serangan teror besart di Indonesia, termasuk pada aksi ledakan bom bunuh diri pada 2016 dan penembakan di Starbuck Cafe Jakarta yang menewaskan empat warga sipil dan melukai lebih dari 20 orang.

Pada Juli 2017, Dewan Keamanan PBB telah memasukkan nama Bahrum ke dalam daftar orang yang terlibat dalam pendanaan, perencanaan, memberikan fasilitas, dan menyiapkan aksi demi kepentingan ISIS.

Baca Juga :  Geger, Beredar Video Siswa Berseragam Pramuka Diajak Takbir dan Yel-Yel Ganti Presiden

www.tempo.co

 

Loading...