JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Siswa ABK Al Firdaus Maju Kompetisi Literasi Tingkat Nasional

Dok SD Al Firdaus Surakarta
Dok SD Al Firdaus Surakarta

SOLO– Dua siswa Al Firdaus World Class Islamic School siap mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Kompetisi Literasi ABK Tingkat Nasional. Kedua siswa tersebut adalah Muh. Arkazora Aghdiran dari Primary Years Program (SD) Al Firdaus dan Arkautar Yogaraksa dari Middle Years Program (SMP) Al Firdaus.

Guru pendamping siswa ABK, Erma Alfiana menyebutkan, kedua siswa ABK tersebut menjadi Juara 1 dalam Festival dan Lomba Literasi ABK dan Literasi Daring ABK pada Sekolah Inklusi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 yang digelar di Syariah Hotel Solo, 23-25 Juli 2018.

“Arkazora yang tampil dalam kategori “Bercerita” berhasil menyisihkan dua peserta lainnya di babak final dan menjadi juara pertama dengan membawakan cerita Malin Kundang di hadapan para juri di tingkat provinsi tersebut. Arkazora menyelesaikan dua tahap penjurian sebelum berhasil menjadi juara pertama tersebut,” urainya.

Baca Juga :  Partai Gelora Dukung Gibran dan Bobby di Pilkada 2020, Anis Matta: Dinamika di Daerah

Sebelumnya dalam babak penyisihan, siswa penyandang autism tersebut mengirimkan karya cerita tentang Fenomena Alam yang direkam dalam bentuk video dan dikumpulkan ke panitia lomba. Cerita pertama dari Arka adalah pengalamannya saat mengalami musibah banjir pada tahun 2016 lalu.

“Alhamdulillah Arka berhasil lolos ke babak final. Saat itu Arka mendapatkan undian untuk bercerita tentang cerita rakyat dan menampilkan Malin Kundang di hadapan para juri,” tukas Erma.

Sementara itu, untuk Atkautar menjadi juara pertama dalam kategori Desain Grafis bagi siswa setingkat SMP di lomba yang sama. Siswa penyandang tuna rungu tersebut mengirimkan karya poster grafisnya yang didesain dengan aplikasi corel draw. Arkautar membuat poster tentang “Kampanye Pendidikan Inklusif” yang membawanya ke babak final.

Baca Juga :  Diduga Rem Blong di Jalan Menurun, Truk Seruduk Warung yang sedang Ramai Orang di Mojosongo Solo. Tembok Bergetar, Pemilik Warung Berteriak dan Pembeli Berhamburan

“Di babak final, Arkautar membuat karya bertema education for all tersebut dan berhasil menjadi juara 1 di tingkat SMP. Arkautar memiliki minat dan bakat di dunia seni rupa,” ujar Koordinator Inklusi MYP and High School Al Firdaus, Lilik Yulianti.

Dengan menjadi Juara 1 di kedua kategori tersebut Arkazora dan Arkautar akan menjadi wakil Provinsi Jawa Tengah dalam lomba yang sama di tingkat nasional yang akan digelar di Jambi pada 6-9 November 2018 mendatang. Triawati PP