JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tes Wawasan Kebangsaan Biasanya Jadi Sandungan di Seleksi CPNS, Pelajari Materinya di Sini

Ilustrasi Rekrutmen CPNS
Ilustrasi Rekrutmen CPNS

JAKARTA – Selagi menunggu pengumuman  resmi seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  dari pemerintah,  Badan Kepegawaian Nasional (BKN)  mengimbau kepada calon peserta untuk mempelajari beberapa tes yang akan diujikan dalam CPNS, salah satunya adalah tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Sebagaimana dikutip dari laman resmi BKN, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang di cap paling sulit.

Baca Juga :  Lima Jenazah ABK Ditemukan di Ruang Pendingin Kapal Ikan di Kepulauan Seribu

Hal tersebut dikarenakan biasanya banyak peserta seleksi penerimaan CPNS yang gagal mencapai skor yang memenuhi standar.
Dalam tes tersebut, peserta wajib memahami materi-materi tentang wawasan kebangsaan seperti sejarah.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) meliputi nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI (sistem tata negara pusat dan daerah, sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan global/regional, kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga :  Bawaslu: 40 Balon Kepala Daerah Positif Covid-19, Tapi Nekat ke KPU

Untuk melakukan simulasi ujian CAT, berikut link latihan soal CAT melalui website resmi SSCN BKN: http://cat.bkn.go.id/simulasi/. #Tribunnews