loading...


Pengecekan lahan sekaligus penanaman kedelai di Purwantoro.

WONOGIRI-Tim dari Kementerian Pertanian (Kementan), Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri, dan Kodim 0728 Wonogiri melaksanakan pantauan kekeringan lahan pertanian di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan instruksi dari Kementan. Pasalnya mulai banyak sawah atau ladang yang mulai mengering yang diakibatkan musim yang tidak menentu.

“Upaya yang dilakukan Kementan yakni akan menggelar sosialisasi desa. Mengimbau kepada warga (petani) untuk sementara mengatasi kekeringan dengan pengairan dari sumur pantek yang ada. Supaya bisa mendapatkan air yang cukup untuk pengairan sawah atapuan ladang yang sudah ditanami,” jelas staf Kementan Sri Suhartini, Sabtu (7/7/2018).

Baca Juga :  2 Jenderal Datangi Wonogiri. Pimpin Apel 3 Pilar Wujudkan Pileg Pilpres 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk di Wonogiri

Pengecekan tersebut, ujar dia, mendukung swasembada pangan. Agar semua tanaman baik padi, jagung, kedelai atau tanaman lainnya yang telah ditanam tidak mengalami kekeringan yang berdampak langsung kepada petani.

“Jelas petani yang mengalami kerugian,” tegas dia.

Baca Juga :  Terungkap, Ini Solusi Mengatasi Kekeringan di Paranggupito Wonogiri

Ikut swrta dalam pengecekan, Sidiq dari Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri, PPL Purwantoro Purwadi, Babinsa Serka A. Taufiq, dan Serda Kemis, Kades Sariyanto.

Selain pengecekan, anggota Koramil 19/Purwantoro menanam kedelai di lahan Kelompok Tani Nyipto Rejeki Dusun Bangsri Desa Bangsri Kecamatan Purwantoro.

“Petani diminta mewaspadai penyebaran hama pada tanaman terutama padi, jagung dan kedelai,” jelas Serka A. Taufiq. Aris Arianto

Loading...