loading...


Ilustrasi/Tribunnews

MAGELANG – Bencana Merapi mengancam daerah-daerah di kawasan sekitarnya. Ada sebanyak 44 desa di tiga Kabupaten di Jawa Tengah yakni Boyolali, Magelang, dan Klaten masuk ke dalam KRB III Gunung Merapi.

Kurang lebih ada 113ribu lebih jiwa yang tinggal di kawasan rawan tersebut.

Tempat pengungsian pun disiapkan untuk menampung warga terdampak jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat.

“Sudah disiapkan jika diperlukan tempat pengungsian sementara. Di Jawa tengah 44 desa di tiga kabupaten, tempat pengungsian minimal ada 44. Mereka sudah siap semua,” kata Kepala Bidang Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Gembong Purwanto Nugroho, Jumat (24/8/2018).
Terkait dengan pertumbuhan kubah lava baru tersebut, BPBD Provinsi Jawa Tengah menghimbau kepada warga yang ada di KRB III untuk tetap tenang.

Baca Juga :  Mobil Pikap Ini Merobohkan Tembok Rumah dan Tewaskan Pengendara Sepeda  Motor

Kendati demikian, masyarakat diminta tetap bersikap waspada dan mengikuti informasi resmi dari BPPTKG dan BPBD.
“Saat ini masih normal. Kalau peningkatan belum signifikan tidak usah mengungsi. Silahkan beraktivitas seperti biasa,” kata Gembong pada Tribunjogja.com.

Baca Juga :  213 Desa dari 301 Desa di Provinsi DIY Sudah Tanggap Bencana

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, juga menghimbau kepada masyarakat untuk bisa menyaring berita-berita yang belum tentu kebenarannya terkait kondisi Gunung Merapi.

“Informasi mengenai aktifitas Gunung Merapi yang tepat melalui BPPTKG, yang nantinya juga akan disampaikan oleh BPBD Kabupaten Magelang,” katanya. #Tribunnews

Loading...