JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Gempa Lombok, Mahasiswa KKN UNS di NTB Ditarik Lebih Awal

Ilustrasi pelepasan mahasiswa KKN UNS. Humas UNS
   
Humas UNS

SOLO- Sebanyak 60 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nusa Tenggara Barat (NTB) ditarik lebih awal. Penarikan para mahasiswa tersebut dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama sebanyak 41 mahasiswa yang diangkut dengan bantuan pesawat hercules dari TNI AU, Senin (6/8/2018) malam.

Kepala UP KKN UNS Surakarta, Rahayu menuturkan, penerbangan dengan pesawat hercules mengambil rute melewati Malang menuju Solo. Sedangkan untuk penarikan mahasiswa tersisa dilakukan Selasa (7/8/2018) yabg juga akan dijemput dengan pesawat hercules.

Baca Juga :  Ingin Pulihkan Perekonomian Solo, Nur Hafizin Bakul Mur Baut Pasar Klitikan Daftar Calon Wakil Walikota

“Setelah terjadingya gempa pada Minggu (5/8/2018), tim kami langsung berupaya memulangkan para mahasiswa yang tersebar di tiga lokasi di NTB. Alhamdulillah senua mahasiswa dalam keadaan selamat,” urainya, Senin (6/8/2018).

Sementara itu, Sekretaris Rektor Tundjung W Sutirto mengungkapkan, semula seluruh mahasiswa yang mengikuti KKN tersebut menyatakan untuk tetap berada di lokasi di tiga desa yakni Sembalun, Melaka dan Gumantar.

“Mahasiswa ingin berkontribusi sebagai upaya tanggap darurat, namun Rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS memutuskan untuk menarik pulang 60 mahasiswa tersebut lebih awal dari jadwal pemulangan mereka 23 Agustus mendatang. Tim Unit Pelaksana KKN UNS, tim dan Rektor langsung bertolak ke Lombok untuk mengevakuasi mahasiswa yang KKN di daerah bencana karena kebetulan mereka tepat berada di daerah terdampak. Seluruh mahasiswa diputuskan untuk dipulangkan melalui titik kumpul di Bandara Praya,” ujarnya.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

Tundjung menegaskan, pihak universitas telah berhasil melakukan komunikasi dengan mahasiswa yang berada di Desa Gumantar.

“Untuk itu kami harapkan keluarga dari mahasiswa tetap tenang karena tim sudah sampai di lokasi dan memastikan kondisi para mahasiswa tersebut,” tukasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com