loading...
Ilustrasi/Tribunnews

Cukup banyak cara untuk menjalani pola  hidup sehat,  yakni mulai dari pola makan yang baik, gaya hidup yang baik, serta berolahraga. Namun di luar itu, pola hubungan suami istri juga bisa menentukan kesehatan tubuh seseorang.

Melansir laman Healthsite, rutin berhubungan seks memiliki segudang manfaat kesehatan. Seks berpengaruh pada kesehatan jantung. Melakukan hubungan seks secara teratur dinilai ampuh untuk menghindari komplikasi jantung yang serius.

Baca Juga :  Cegah Diabetes, Ganti Nasi dengan Sego Jagung, Ini Keunggulannya

Sebuah studi dalam jurnal Biologi Psikologi mengungkapkan bahwa orang yang terlibat dalam hubungan seksual membuat tekanan darah sistoliknya akan menurun. Inilah yang berguna untuk kesehatan jantung.

Loading...

Selama orgasme, hormon oksitosin dirangsang, yang pada gilirannya memiliki efek langsung untuk menurunkan tekanan darah, faktor risiko utama penyakit jantung.

Untuk mendapatkan seks yang baik, orang harus memiliki pola tidur yang baik pula sebab kurang tidur akan berpengaruh pada kesuburan yang terkait dengan peningkatan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Baca Juga :  Apa Benar Penderita Diabetes tak Boleh Konsumsi Nasi Putih? Ini Penjelasannya

Oleh karena itu, tidur nyenyak adalah kunci untuk kesehatan seksual yang baik. Begitu juga dengan orgasme, bisa menjadi pendorong hebat untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Lebih lanjut, penyebab lain dari serangan jantung adalah masalah obesitas. Orang dengan berat badan berlebih dilaporkan berisiko enam kali lebih besar terkena penyakit jantung dibanding mereka yang bertubuh ideal. Masalah ini bisa diatasi dengan cara membakar kalori dalam tubuh.

Baca Juga :  Ternyata Herbal Hanya Bisa Mencegah Kanker Bukan Mengobati, Ini Penjelasannya

Namun,  jumlah kalori yang dibakar saat berhubungan seks akan bervariasi, tergantung pada lama dan intensitas melakukannya. Tetapi umumnya, orang membakar sekitar 85-100 kalori selama berhubungan seksual. Jika aktivitas seks berlangsung hingga klimaks dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

www.tempo.co

Loading...