loading...
Loading...
Ilustrasi/Tribunnews

Siapa yang dapat menghambat jalannya usia? Suatu kodrat siklusnya manusia pada akhirnya menjadi tua dan meninggal. Tapi, ada anjuran agar jangan merasa tua. Sebab menurut sebuah riset, makin seseorang merasa dirinya tua, hal itu berdampak negatif pada kualitas kehidupan seksnya.

“Merasa lebih muda memiliki dampak besar pada bagaimana perasaan orang tentang kualitas kehidupan seks mereka dan betapa tertariknya mereka berhubungan seks,” kata Steven Mock, Profesor pendamping di Universitas Waterloo di Ontario, Kanada.

Baca Juga :  Menulis Bisa Menjadi Metode Penyembuhan, Ini Caranya

Untuk penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sex Research, tim periset mengamati sikap 1.170 orang dewasa terhadap seks dan penuaan. Para peserta berusia pertengahan 40-an sampai pertengahan 70-an selama periode 10 tahun.

Baca Juga :  Menulis Bisa Menjadi Metode Penyembuhan, Ini Caranya

Analisis regresi digunakan untuk menyelidiki pengaruh usia dan sikap tentang penuaan pada tiga ukuran seksualitas, yakni frekuensi seks, persepsi kualitas aktivitas seksual, dan minat terhadap aktivitas seksual.

Hasilnya, semakin peserta merasa tua, ternyata semakin sedikit hal positif terhadap penuaan dan semakin sedikit pula aktivitas seksual mereka. Usia peserta dan kepercayaan tentang penuaan justru tidak berdampak pada frekuensi seks.

Baca Juga :  Menulis Bisa Menjadi Metode Penyembuhan, Ini Caranya

“Merasa lebih muda tidak berdampak pada frekuensi aktivitas seksual, cukup jelas bahwa perasaan lebih tua mempengaruhi kualitas kegiatan seksual yang Anda alami,” kata Amy Estill dari Universitas Waterloo.

www.tempo.co

Loading...