JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Makanan Pedas Itu Juga Penting untuk Sehat, Ini Penjelasannya

ย ย ย 
Ilustrasi/Tempo.co

Ada anggapan, makanan kalau tidak pedas itu kurang โ€œnendangโ€. Makanan pedas memang membikin gairah makan jadi meningkat. Namun bukan itu saja, ternyata, makanan pedas juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat makanan pedas bagi kesehatan, ini rinciannya:

  1. Manfaat untuk kesehatan jantung

Studi yang dipublikasikan pada 2017 menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi cabai memiliki persentase kematian yang lebih rendah akibat penyakit vaskular, serangan jantung, dan stroke. “Studi kami menunjukkan bahwa kenikmatan rasa pedas merupakan cara penting untuk mengurangi asupan garam dan tekanan darah, tidak peduli jenis makanan dan jumlah makanannya,” kata dokter Zhiming Zhu.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

 

  1. Bakar kalori ekstra

Sebuah studi dari Universitas Purdue menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cabai merah akan membakar lebih banyak kalori dan turun nafsu makannya. Efeknya akan lebih kuat pada orang-orang yang tidak mengonsumsi makanan pedas secara teratur. Namun, makanan pedas tentunya bukanlah pintu ajaib untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Cabai merah bisa membawa manfaat jika dikombinasikan dengan diet sehat dan gaya hidup aktif.

 

  1. Cegah kanker

Capsaicin, yang membuat cabai terasa pedas dan panas, sudah lama dianggap memiliki sifat anti kanker. Namun, manfaat ini masih menjadi perdebatan dalam literatur medis karena temuan-temuan yang berbeda.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

 

  1. Pereda sakit

Capsaicin dalam cabai juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit di tubuh dengan menargetkan kimia otak yang disebut “substansi P”. Substansi ini memainkan peran penting dalam kasus luka dan cedera.

 

Inilah alasan mengapa capsaicin sering digunakan sebagai bahan dalam krim dan obat-obatan pereda nyeri. Dengan mengetahui manfaat ini, Anda akan semakin suka makanan pedas?

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com