loading...
Loading...
Humas UNS

SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar pelantikan mahasiswa baru tahun 2018, Pelantikan mahasiswa baru program Doktor, Magister, sarjana dan diploma dilakukan oleh Rektor UNS prof Ravik Karsidi di halaman gedung dr Prakosa kantor pusat UNS kentingan Surakarta,  Senin (13/8/2018).

Sebanyak 8.535 mahasiswa  dari 11 Fakultas dan Pascasarjana. Dan terdapat mahasiswa ADIK sebanyak 20 orang dan mahasiswa asing sebanyak 25 orang, semua telah memenuhi persyaratan adminitrasi akademik.

Rektor UNS berpesan kepada mahasiswa baru mulai sekarang harus berpikiran kritis untuk banyak masalah. Jangan telan mentah-mentah informasi yang Anda dapatkan. Jangan pula memproduk informasi yang berkualifikasi membohongi atau Hoax.

Baca Juga :  Gibran Maheswara, Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo  Raih Juara Festival Dalang Cilik Nasional

“Gunakan media sosial secara bijak hindari penyebaran berita tanpa fakta. Kemudian yang lebih penting adalah membangun empati kepada sesama. Mulai sekarang kita harus move on dari jiwa kekanak-kanakan yang mungkin masih dibawa dari perilaku saat di SMA,” ujarnya.

Prof Ravik melanjutkan, sebagai generasi millennial, mahasiswa harus siap menyongsong era globalisasi. Pergaulan manusia sudah tidak terbatas pada wilayah teritorial negara. Pergaulan dalam suasana interaksi sudah mendunia. Anda harus siap untuk itu yaitu siap untuk link and match. Prinsip “link” dan “match” adalah peningkatan kompetensi diri sesuai dengan tantangan globalisasi.

Baca Juga :  Tenaga Teknis Kefarmasian Prodi D3 Farmasi UNS Diambil Sumpah

“Bahwa kompetensi mahasiswa adalah kunci penting memenangkan persaingan global. Tetapi, kompetensi tersebut harus berada di atas standar. Bagaimana memiliki komptetensi di atas standar? Caranya, dengan belajar di atas standar. Anda mulai sekarang harus siap belajar di atas rata-rata. Misalnya, meningkatkan jam waktu belajar dengan mengurangi waktu-waktu untuk kegiatan yang tidak mendukung peningkatan kompetensi. Contohnya, mengurangi duduk  di depan tv sampai berjam-jam hanya untuk menonton siaran entertainment,” tukasnya.

Selaun itu, Rektor juga menekankan penguasaan bahasa asing. Karena, dengan bahasa asing akan dapat meningkatkan pergaulan global, memudahkan akses Iptek, dan meningkatkan kecerdasan.

Baca Juga :  Semnas Civil Week UNS 2019: Mengkaji Perencanaan Infrastruktur Pemindahan Ibu Kota Negara

“Dusamping itu Anda juga harus siap membangun budaya prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Telah banyak prestasi-prestasi yang diukir oleh mahasiswa UNS kakak-kakak Saudara” pungkasnya.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2018 yang dilaksanakan untuk program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor dilaksanakan melalui 7 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, SM-UNS, Penelusuran Minat dan Kemampuan, Tulis Mandiri, Universitas Sebelas Maret Berprestasi dan seleksi Mahasiswa Asing. Triawati PP

Loading...