loading...

 

JOGJA – Warga Jogja dan sekitarnya merasakan guncangan gempa pada Rabu (29/8/2018) dini hari tadi atau tepatnya pukul 01:36:34 WIB.

BMKG merilis, gempa terjadi pada pukul 01:36:34 WIB dengan magnitudo 5,8. Dengan pusat gempa di 112 Barat Daya Gunungkidul, DIY pada kedalaman 10 kilometer, tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini juga tercatat di stasiun seismik pengamatan Gunung Merapi. BPPTKG memastikan bahwa gempa tidak memengaruhi aktivitas vulkanik merapi.

Baca Juga :  Pasien Corona Bertambah, Status KLB di Kota Solo Diperpanjang, Banyak Ortu dan Anak yang Masih Khawatir, Belajar Tetap di Rumah

Adapun gempa tidak hanya dirasakan oleh warga di wilayah DIY.

Menurut pencatatan BMKG gempa ini dirasakan di Bantul dengan skala MMI III , di Yogya dengan skala II-III, di Karanganyar II-III, Karangkates II-III, Wonogiri I-II, Banjarnegara I-II, Purworejo I-II, Trenggalek I-II, Sawahan I-II.

Sementara warganet melaporkan gempa juga terasa di Klaten, Magelang, Solo, Sukoharjo, Gombong, Blitar, Ponorogo, dan daerah lainnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Baca Juga :  KAI Daops IV Yogyakarta Perpanjang Pembatalan Operasional KA Reguler Jarak Jauh Hingga 30 Juni 2020

Warga bunyikan kentongan

Warga Dusun Petir, Srimartani, Piyungan, Bantul berhamburan keluar rumah. Bunyi kentongan pun terdengar tak lama setelah gempa mengguncang wilayah Jogja Rabu dinihari tadi.

Hal yang sama dilaporkan dari wilayah Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Warga keluar rumah setelah gempa menggetarkan dinding-dinding rumah mereka.

“Tadi getarannya terasa. Saya langsung lari dan menyelamatkan diri,” tutur Agus, warga Sewon.

www.tribunnews.com