loading...
Loading...
Kegiatan Jelajah Kepramukaan yang digelar untuk menyambut siswa baru SMK Citra Medika Sragen di Lapangan Nglorog, Sragen, Sabtu (4/8/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN – Jejalah alam lazimnya memang digelar siang hari. Namun, jelajah pun ternyata bisa menjadi lebih seru jika digelar di malam hari.

Seperti itu pula yang tergambar dari kegiatan kepramukaan yang digelar SMK Kesehatan Citra Medika Sragen. Salah satu SMK kesehatan unggulan di Sragen ini menggelar kegiatan kepramukaan berupa kemah yang berlangsung selama 2 hari sejak Jumat, 3 Agustus 2018 hingga Sabtu, 4 Agustus 2018.

Bumi perkemahan lapangan Nglorog, Sragen menjadi saksi bagaimana SMK yang berlokasi di Nglorog, Sragen itu mendidik siswanya untuk mencintai alam dan berkarakter lewat kegiatan jelajah kepramukaan.

Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto mengungkapkan kegiatan kepramukaan ini merupakan acara penerimaan tamu ambalan bagi siswa-siswi baru yang akan mengalami kenaikan golongan dari penggalang ke penegak.

Kegiatan diikuti oleh 108 siswa jurusan keperawatan dan 90 siswa jurusan farmasi yang dibagi menjadi 20 sangga. Nama-nama sangga dipilih dari tokoh-tokoh pewayangan.

Baca Juga :  Misteri Kebakaran Dahsyat 2 Gudang Pabrik Mebel Dekat Pabrik Jokowi di Kalijambe. Begini Analisa Polisi!

“Kenapa dipilih nama tokoh pewayangan, karena kami ingin agar setiap sangga juga bisa memiliki karakter sebagaimana nama tokoh pewayangan tersebut. Misalnya Gathutkaca memiliki karakter ksatria, Kunthi memiliki karakter lemah lembut, Nakula – Sadewa memiliki karakter cerdas, dan seterusnya,” paparnya Sabtu (4/8/2018).

Nano menguraikan kegiatan penerimaan tamu ambalan ini sebenarnya tidak hanya sebagai ajang untuk kenaikan golongan bagi siswa baru. Akan tetapi itu juga sebagai bentuk pengenalan terhadap gugus depan pramuka yang berpangkal di SMK Kesehatan Citra Medika Sragen.

Lantas,  lewat kegiatan itu juga diharapkan sebagai penguatan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan kepramukaan yang selama ini sudah diprogramkan di SMK Citra Medika Sragen.

Sementara,  Pembina Pramuka SMK Kesehatan Citra Medika Sragen, Agung Rokhani menyampaikan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan rutin tahunan yang kami selenggarakan bagi siswa-siswa baru di SMK Citra Medika Sragen.  Mereka disambut karena telah menjadi bagian Pramuka sekolah dan mengalami kenaikan golongan dari penggalang ke penegak.

Baca Juga :  Tiga Korban Kecelakaan Maut Truk Kontes Masuk Jurang di Tangen Sudah Dipulangkan. Beredar Kabar Sopir Mabuk, Begini Analisa Polisi! 

Menururnya,  acara dikemas dengan kegiatan kemah selama dua hari semalam yang bertujuan untuk membangun sikap mandiri anak-anak.

“Selain itu, sebagai penguatan pendidikan karakter karena banyak sekali kegiatan yang bisa membangun karakter anak, seperti bertanggung jawab, berani, disiplin, religius, dan mandiri,” terang Agung.

Latih Pengetahuan

Sementara kegiatan puncak yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta adalah api unggun. Hal ini dikarenakan, ada pentas seni yang diisi oleh setiap sangga. Ada yang menampilkan stand up comedy, menyanyi, pertunjukkan silat, dan drama. Acara berlangsung dengan penuh semangat.

Selanjutnya, pukul 01.00 WIB dini hari, anak-anak dibangunkan untuk melaksanakan jurit malam. Jurit malam merupakan kegiatan penjelajahan alam yang dilaksanakan pada malam hari. Jurit malam dilakukan di sekitar lingkungan perkemahan.

Baca Juga :  Produk Kopi Asmara Ciptaan Siswa SMK Citra Medika Sragen Mendadak Ramai Diburu. Apa Istimewanya? 
Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto saat memberikan pengarahan di acara jelajah pramuka untuk siswa baru. Foto/Wardoyo

Agung menjelaskan Jurit malam digelar untuk membangun mental dan keberanian siswa. Setelah jurit malam, anak-anak melakukan renungan malam.

Kegiatan pagi diisi dengan stretching dan senam yang dipandu oleh instruktur aerobic. Selanjutnya, anak-anak melakukan penjelajahan seru dengan misi memecahkan beragam tantangan dan games di pos-pos yang mereka datangi.

“Penjelajahan ini bertujuan untuk melatih pengetahuan berkaitan dengan kepramukaan, seperti tali-temali, sandi, PBB (Pasukan Baris-Berbaris), dan semaphore,” imbuhnya.

Kegiatan ditutup oleh Nano Priyanto, selaku Kamabigus (Ketua Majelis Bimbingan Gugus Depan) dengan penyematan tanda kenaikan golongan oleh perwakilan siswa jurusan keperawatan dan farmasi dari penggalang ke penegak.

Selain itu, acara ini juga diakhiri dengan pemberian penghargaan bagi peserta terbaik dan sangga terbaik, dimana masing-masing pemenang mendapatkan hadiah piala. Wardoyo

 

Loading...