loading...
Loading...
Selebrasi pemain Timnas usai cetak gol melawan Chinese Taipei di laga perdana sepakbola Asian Games Minggu (12/8/2018) malam. Foto/Tempo.co

JAKARTA – Timnas U-23 Indonesia mengawali laga perdana cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 dengan hasil mengesankan. Skuad asuhan Luis Milla itu menang telak 4-0 atas lawannya Taiwan (China Thaipe) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (12/8/2018) malam.

Gol kemenangan skuad Garuda dicetak oleh Stefano Lilipaly menit ke-67 dan 76, Alberto Goncalves menit ke-71, dan Muhammad Hargianto di waktu injury time.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Hansamu Yama dan kawan-kawan langsung tancap gas sejak menit babak pertama dimulai. Mengandalkan kecepatan pemain sayap Febri Haryadi dan Irfan Jaya, keduanya kerap memberikan umpan-umpan cantik kepada dua penyerang Timnas Indonesia, Beto dan Lilipaly.

Baca Juga :  Siap-siap, Pocari Sweat Run 2020 Akan Digelar di Kota Solo, Target Peserta 20.000

Sayangnya, pada babak pertama barisan pertahanan Timnas Taiwan cukup kokoh untuk ditembus kedua striker andalan Timnas Indonesia. Sementara, gawang Timnas Indonesia bukannya aman dari serangan lawan, beberapa kali Andritany di bawah mistar gawang melakukan penyelamatan.

Di babak kedua, Timnas Indonesia tak mengendurkan serangan. Hasilnya, Stefano Lilipaly membuka keunggulan di menit ke-67. Memanfaatkan umpan Febri Haryadi melalui tendangan bebas, pemain Bali United itu menanduk bola tanpa bisa dihalau oleh penjaga gawang Taiwan. Skor berubah menjadi 1-0.

Baca Juga :  Siap-siap, Pocari Sweat Run 2020 Akan Digelar di Kota Solo, Target Peserta 20.000

Pada menit ke-71 giliran Alberto Goncalves yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Kolaborasi dengan Lilypali usai memanfaatkan terobosan dari Zulfiandi, Lilipaly memberikan umpan cantik, Beto yang berdiri bebas dengan mudah menceploskan bola ke gawang Taiwan. Skor berubah menjadi 2-0.

Lilipaly kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-76 memanfaatkan umpan dari Febri Haryadi dari sisi kiri lapangan, Stefano Lilipaly beraksi dengan tendangan salto. Bola meluncur deras ke gawang Taiwan tanpa bisa dihalau. Skor berubah menjadi 3-0.

Baca Juga :  Siap-siap, Pocari Sweat Run 2020 Akan Digelar di Kota Solo, Target Peserta 20.000

Menjelang pertandingan usai, giliran pemain pengganti, Muhammad Hargianto mencetak gol dari tendangan jarak jauh. Tendangan pemain yang masuk menggantikan Evan Dimas di babak kedua ini, gagal dihalau oleh penjaga gawang Taiwan. Hingga pertandingan selesai, skor tak berubah 0-4 kemenangan Timnas Indonesia.

Hasil ini mengantarkan Timnas Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara grup A Asian Games 2018, terpaut satu angka dengan Palestina yang mengoleksi empat poin. Sedangkan, Taiwan harus turun ke peringkat keempat dengan koleksi satu poin hasil imbang dengan.

www.tempo.co

Loading...