JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Segera Miliki Fakultas Keolahragaan

   

SOLO- Setelah beberapa tahun menunggu, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan segera memiliki fakultas baru. Senin (13/8/2018) besok, Rektor UNS Surakarta Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS akan meresmikan Fakultas Keolahragaan (FKor) pada rangkaian acara Pelantikan Mahasiswa Baru di Lapangan Rektorat UNS Surakarta.

Peresmian akan ditandai dengan penyerahan Pataka oleh Rektor UNS kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Dekan Fakultas Keolahragaan Prof. Dr. Joko Nurkamto, MPd. didampingi oleh Ketua Senat UNS Prof. Dr. Suntoro, Ketua Senat Fakultas Keolahragaan Prof. Dr. Sugiyanto, serta Plt. Wakil Dekan Fakultas Keolahragaan.

Fakultas Keolahragaan (FKor) sendiri merupakan pengembangan dari program studi (prodi) Kepelatihan dan prodi Jasmani dan Rekreasi yang sebelumnya menginduk pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Fakultas Keolahragaan (FKor) yang baru dibuka ini akan memiliki prodi Program Sarjana (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Program Magister (S2) Ilmu Keolahragaan. dan Program Doktor (S3) Ilmu Keolahragaan.

Baca Juga :  Manfaatkan Bulan Ramadan, Masjid Sheikh Zayed Solo Edukasi Penggunaan Air Pada Pengunjung

Dengan kehadiran FKor, maka kini UNS Solo tercatat telah mempunyai sebelas fakultas. Proses pendirian FKor sendiri, berawal dari usulan Rektor UNS ke Kemenristekdikti, setelah sebelumnya mendapat rekomendasi dari Menpora dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. pada 2015 silam .

Rektor UNS, Prof. Ravik Karsidi berharap ke depan FKor bisa berperan aktif, dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan bisa menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang keolahragaan.

“Selain itu tentunya kita harapkan FKor mampu menghasilkan temuan penelitian yang berkualitas dan berdampak strategis pada perkembangan keolahragaan di tingkat nasional dan internasional,” urainya, Sabtu (11/8/2018).

Baca Juga :  Desak Pemakzulan Jokowi,  Aksi Demo di Depan Balaikota Solo Diwarnai Aksi Bakar Ban

Rektor UNS menyatakan pendirian FKor tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kemenristekdikti, diantaranya tersedianya tenaga pengajar, dan tenaga pendidikan yang profesional untuk mengelola progam S-1, S-2 serta S3. Sarana penunjang seperti gedung perkuliahan, fasilitas dan peralatan pembelajaran mahasiswa lainnya juga sudah lengkap sehingga sangat layak menjadi fakultas.

“Saya yakin FKor akan mampu menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa, karena selama ini peminat jurusan olahraga sendiri terbilang sudah cukup tinggi. Bahkan akreditasi Progam Studi Olahraga di UNS juga sudah mendapatkan akreditasi A,” tukas Ravik. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com