loading...
Loading...
Rapat pengumuman perubahan pemenang Seleksi Perdes Jirapan, Masaran, Sabtu (11/8/2018) malam di balai desa setempat. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Hasil seleksi perangkat desa (Perdes) di Desa Jirapan, Masaran diwarnai perubahan pemenang. Hal itu terjadi setelah peserta memprotes penilaian dedikasi dan bukti dedikasi calon pemenang yang dinilai tak wajar.

Protes berawal ketika peserta mencurigai adanya penilaiam dedikasi dua calon terpilih yang mendapat nilai empat. Padahal harusnya beberapa Surat Keputusan (SK) dan dedikasi yang serumpun hanya dinilai 1,33.

Setelah diprotes, panitia akhirnya mau melakukan penghitungan ulang dan hasilnya terjadi perubahan pemenang di formasi Kaur Pemerintahan. Calon terpilih di Kaur Pemerintahan, Puji Handayani yang diumumkan pada 8 Agustus, harus tergeser ke posisi kedua setelah nilai dedikasinya diluruskan dari 4 ke 1,33. Peserta rangking 2, Tatik Restyawati yang sebelumnya hanya terpaut dua poin, akhirnya naik ke peringkat pertama.

Perubahan pemenang itu disampaikan dalam forum yang dipimpin Ketua Panitia Seleksi Perdes Jirapan, Suwarmin di balai desa setempat, Sabtu (11/8/2018) malam. Turut hadir Kades Jirapan, Sindu dan Camat Masaran Agus Winarno bersama peserta seleksi.

“Awalnya kami tanya SK untuk pemenang Kaur Pemerintahan ke panitia. Kalau ada mana SK-nya,  tapi panitia enggak bisa nunjukkan SK. Dari Pak Carik disuruh tanya ke Pak Lurah, Pak Lurah bilang ndak ingat mbak karena SK sudah lama, tahun itu saya mengeluarkan banyak SK. Lalu disuruh ke panitia,  kita ke panitia jawabnya kita manusia biasa bisa jadi penilaian itu salah. Akhirnya kita ke kecamatan, Alhamdulilah Pak Camat langsung merespon. Sebelumnya dedikasi itu dinilai 4, padahal di Perbup itu misalnya ounya 3 SK nilainya tidak ditambah, tapi tetap dihitung 1. Alhamdulilah akhirnya setelah kita berjuang, hasilnya bisa berubah. Saya enggak menang tapi hanya ingin meluruskan,” papar AN,  salah satu peserta yang ikut memantau dari luar ruangan.

Baca Juga :  Mulai Membeludak, Jumlah Pendaftar CPNS Sragen Hari Keempat Capai 849 Orang. Yang Sudah Submit 289 Orang

Ketua Panitia Seleksi yang juga Sekdes Jirapan, Suwarmin mengaku memang ada kesalahan perhitungan pada nilai dedikasi. Hal itu terjadi akibat adanya perbedaan persepsi di panitia desa terhadap penilaian dedikasi.

Namun ia memastikan tidak ada unsur kesengajaan dan panitia sudah legawa untuk melakukan pelurusan dan perhitungan ulang yang hasilnya ada perubahan pemenang di formasi Kaur Pemerintahan.

“Kemarin malam panitia sudah nglenggono dan merapat ke Pak Camat semua, di sana kita buka berkasnya bareng-bareng satu-satu. Sudah kita cermati dan malam itu juga langsung kita rekap ulang. Kami sudah mengakui memang benar-benar ada kesalahan. Setelah dihitung ulang, terjadi perubahan pemenang di Kaur Pemerintahan. Tatik Restyawati yang sebelumnya ranking 2 jadi naik ke ranking 1. Kalau formasi yang lain tidak ada perubahan pemenang, ” ujarnya.

Camat Masaran, Agus Winarno mengapresiasi kebesaran jiwa dari semua pihak yang bisa menerima hasil meskipun ada revisi akibat kesalahan perhitungan nilai dedikasi. Ia menyampaikan tahapan selanjutnya, Kades meminta rekomendasi ke kecamatan untuk ditetapkan SK. Jadwalnya,  dua hari setelah menerima hasil dari kecamatan.

Sementara, Kades Sindu menyampaikan terimakasih kepada panitia yang sudah bekerja maksimal dan jujur dalam menjalankan perhitungan. Menurutnya begitu ada informasi kesalahan perhitungan penilaian dedikasi, panitia langsung berkonsultasi dengan kecamatan dan melakukan revisi perhitungan nilai.

Baca Juga :  SMK Citra Medika Sragen Borong 6 Penghargaan Nasional. Sapu Bersih 3 Juara di Kelompok Farmasi, Satu Siswi Sabet Juara Wirausahawan Muda

“Yang terpenting setelah ada revisi penjumlahan hasil akhir, Alhamdulilah semua bisa legawa menerima. Walaupun secara psikologis terpengaruh, itu harus disikapi secara dewasa. Yang penting semua bisa menerima dan kondusif, ” tukasnya. Wardoyo

REVISI NILAI DI SELEKSI PERDES JIRAPAN MASARAN: 

Pengumuman yang dilaksanakan tanggal 8 Agustus 2018 dengan hasil sebagai berikut :

a).  Kebayan I Agus Susilo, SPd 

Nilai Tertulis  :  24

Nilai Komputer : 19,8

Nilai Prestasi : 5

Nilai Dedikasi : 0

Nilai Akhir : 48,8

b).  Kaur Keuangan Sunardi SE 

Nilai Tertulis  :  19

Nilai Komputer : 13

Nilai Prestasi : 5

Nilai Dedikasi : 4

Nilai akhir : 41

c). Kaur Pemerintahan Puji Handayani

Nilai Tertulis  :  34,5

Nilai Komputer : 13

Nilai Prestasi : 3

Nilai Dedikasi : 4

Nilai Akhir : 54,5

*Pengumuman setelah diadakan Revisi pada hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 untuk penilaian Kaur Pemerintahan sebagai berikut* :

Formasi :

a).  Kebayan I Agus Susilo, SPd ( Tidak ada perubahan )

Nilai Tertulis  : 24

Nilai Komputer : 19,5

Nilai Prestasi : 5

Nilai Dedikasi : –

Nilai Akhir : 48,8

b). Kaur Keuangan Sunardi SE ( Tidak ada perubahan )

Nilai Tertulis  :  19

Nilai Komputer : 13

Nilai Prestasi : 5

Nilai Dedikasi : 1,33

Nilai akhir : 39,33

c). Kaur Pemerintahan ( Perubahan )

1) Tatik Restyawati S Pd (sebelumnya ranking 2)

Nilai Tertulis  : 30,5

Nilai Komputer : 20

Nilai Prestasi : 3

Nilai Dedikasi : 0

Nilai Akhir : 53,50

2) Puji Handayani

Nilai Tertulis  : 34,5

Nilai Komputer : 13

Nilai Prestasi : 3

Nilai Dedikasi : 1,33

Nilai Akhir : 51,83

Sumber: Panitia Desa

 

Loading...