JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Wah, Pepadi Sragen Bakal Gelar Pentas Dalang Muda Tiap Bulan di Taman Krido Anggo. Wayangnya Kreasi Zaman Now.. 

Ketua Umum Pepadi Sragen, Ki Sunarto didampingi jajaran Wakil Ketua, Putut Wijanarko Dkk saat dikukuhkan kepengurusannya Selasa (31/7/2018) malam. Foto/Wardoyo
Ketua Umum Pepadi Sragen, Ki Sunarto didampingi jajaran Wakil Ketua, Putut Wijanarko Dkk saat dikukuhkan kepengurusannya Selasa (31/7/2018) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Sragen,  Ki Sunarto bertekad merangkul semua komponen seniman di bidang pedalangan di seluruh Sragen. Tak hanya itu, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah agenda spektaker secara rutin untuk memberikan wadah bagi pelaku seni pedalangan utamanya generasi dalang muda di wilayah Sragen.

Hal itu disampaikan Ki Sunarto seusai dikukuhkan sebagai Ketua Umum Pepadi Sragen masa bhakti 2018-2023, di Taman Krido Anggo Sragen, Selasa (31/7/2018) malam. Ia mengatakan dengan jabatan yang diembannya,  pertama ia akan menjaga soliditas dan membina hubungan baik antar seniman khususnya di dunia pedalangan yang jumlahnya ratusan.

Baca Juga :  Derita Orang Tua Siswi SD Korban Perkosaan Massal di Sragen. Sudah Kasusnya Diombang-ambingkan, Masih Diancam Sampai Terpaksa Ngungsi ke Hutan

Sejauh ini jumlah anggota dalang dan seniman yang tergabung dalam Pepadi mencapai 129 orang. Masih banyak dalang dan seniman yang diyakini belum terakomodasi.

Kemudian menggali potensi seniman utamanya generasi dalang muda yang banyak bermunculan di Sragen.

“Makanya target pertama kami solid dulu, dan mengakomodir semua seniman dan dalang yang ada di Sragen. Kita akan cari dan rangkul mereka agar bisa bersatu dan bersama membangun seni budaya Sragen lewat Pepadi, ” paparnya didampingi Wakil Ketua Umum I, Putut Wijanarko.

Baca Juga :  Tak Hanya Diancam, Orangtua Siswi Korban Perkosaan Massal di Sragen Mengaku Sempat Ditawari Uang Rp 500.000 untuk Bungkam

Sunarto yang juga menjabat sebagai anggota Koramil Kedawung itu menguraikan Pepadi siap untuk menjadi mitra pemerintah dan menyosialisasikan program pemerintah seperti amanah dari Ketum Pepadi Pusat. Kemudian agenda tak kalah penting, ke depan Pepadi sudah menyiapkan sejumlah program spektakuler untuk memberikan ruang bagi pelaku seni pedalangan untuk pentas dan unjuk kebolehan.

Salah satunya dengan mengagendakan pentas wayang secara rutin sebulan sekali di Krido Anggo Sragen. Pentas ini dikhususkan bagi seniman pedalangan muda.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua