loading...

Triawati

SOLO– PT Bank Central Asia Tbk mendukung penuh upaya pengembangan usaha dari segmen UMKM di Kota Solo. Pasalnya, tidak dapat disangkal bahwa keberadaan UMKM selama ini terbukti mampu menjadi penggerak dan penopang perekonomian nasional.

Menurut Kepala KCU BCA Solo Veteran, Victor Sentosa, sektor UMKM menjadi penopang utama perekonomian Indonesia. Karena itu, BCA terus berupaya untuk turut meningkatkan berbagai bidang usaha masyarakat agar bisa tumbuh dan berkembang.

“Salah satunya melalui kegiatan workshop UMKM kali ini yang digelar kerjasama dengan BCA pusat dan Blibli.com. Upaya ini untuk mendorong tumbuhnya sektor UMKM, dimana kami menyiapkan berbagai program terobosan secara berkelanjutan. Seperti workshop atau pelatihan, promosi hingga pembiayaan,” urainya di sela kegiatan Workshop UMKM Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan, Kamis (13/9/2018), di Novotel.

Selain di Kota Solo, program yang sama juga menjadi program nasional dari BCA untuk pengembangan UMKM yang tersebar hingga pelosok tanah air. Victor menambahkan, melalui program  itu juga akan dimanfaatkan untuk menggarap potensi penyaluran kredit BCA di sektor UMKM.

“Dengan upaya yang kita lakukan ini targetnya bisa menyalurkan pembiayaan kepada UMKM sebesar 20 persen, dari total penyaluran kredit yang kita lakukan, ” tuturnya.

Di sisi lain, BCA juga menargetkan penyaluran kredit kepada sektor UMKM sebesar 20 persen. Hingga saat ini kontribusi pembiayaan untuk UMKM baru sekitar 15 persen.

Loading...

“Karena itu, dengan adanya program pembinaan ini kita targetkan bisa mencapai 20 persen, ” papar Vice President Pengembangan Bisnis Mikro BCA, Ade Bachtiar.

Dari portofolio penyaluran kredit BCA, lanjutnya, pada semester pertama tahun ini kredit yang disalurkan untuk komersial dan UMKM telah mencapai Rp 174,8 Triliun. Realisasi itu, tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 15,1 persen jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Peranan UMKM di perekonomian nasional terhitung cukup besar. Oleh sebab iti, pemberdayaan terhadap UMKM di Indonesia juga harus ditingkatkan, ” terangnya. Triawati PP

Loading...