JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Dibuang Sayang, Ini Lima Khasiat Kulit Jeruk

   
ilustrasi/tempo.co

Kulit jeruk biasanya dibuang begitu dikupas dari buahnya. Toh, untuk apa kulit jeruk kalau bukan untuk dibuang di tempat sampah? Namun usut punya usut, ternyat kulit jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kulit jeruk mengandung berbagai phytochemical seperti limonene, bioflavonoid, vitamin C, dan kalium yang membuat kulitnya jauh lebih bergizi dan sehat daripada buahnya. Phytochemical hadir dalam kulit memiliki sifat melawan kanker dan anti-inflamasi.

Sementara potasium yang hadir dalam kulit jeruk, membantu dalam mengelola tekanan darah. Berikut beberapa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan:

  1. Melindungi dari kanker

Kulit jeruk kaya antioksidan, ini akan melindungi Anda dari kanker. Kulit jeruk seperti lemon, mandarin dan grapefruit mengandung senyawa yang dapat mencegah segala bentuk kerusakan sel-sel yang disebabkan oleh radiasi. Tingginya kadar vitamin C yang ada dalam buah jeruk membantu meningkatkan dampak antioksidan pada tubuh kita.

  1. Mencegah diabetes

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Life Sciences, kulit jeruk yang mengandung flavones polymethoxylated (PMFs) dapat membantu dalam mencegah diabetes. Sesuai penelitian, tingkat trigliserida serum (TG), serta kolesterol, bisa dikurangi dengan ekstrak kulit jeruk. Kedua hal tersebut merupakan pemicu diabetes serta obesitas. Lebih lanjut, khasiat kulit jeruk yang bisa menurunkan kolesterol

  1. Menurunkan tingkat kolesterol
Baca Juga :  Sama-sama Berasa Manis, Ini 5 Pengganti Gula yang Menyehatkan

Sesuai penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, memasukkan kulit jeruk dalam diet Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena kehadiran PMF di dalamnya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hamster yang diberi diet triggering kolesterol yang termasuk hanya 1 persen dari PMF, diamati bahwa tingkat kolesterol jahat atau LDL dipotong hingga 40 persen.

Penelitian serupa lainnya yang dilakukan pada manusia menggambarkan hasil yang sama, penurunan diamati pada kadar kolesterol total. Selain meningkatkan kesehatan jantung, kulit jeruk juga dapat membantu menyembuhkan sakit maag.

  1. Meningkatkan pencernaan
Baca Juga :  Sama-sama Berasa Manis, Ini 5 Pengganti Gula yang Menyehatkan

Kulit lemon diketahui dapat membantu pencernaan, sepertu menghilangkan masalah asam lambung dan kram. Menurut laporan Mother Earth Medicine, senyawa limonene yang ada dalam kulit jeruk berfungsi sebagai obat menahan mulas. Jadi jika Anda menderita gangguan pencernaan, gastritis dan lainnya, Anda dapat memasukkannya ke dalam menu makanan.

  1. Memerangi mikroba

Dalam kulit jeruk, terutama lemon mengandung minyak yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Farmacology and Toxicology menyatakan bahwa kulit lemon memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan anti-jamur. Ini membantu dalam melawan pilek dan flu. Selain melawan parasit usus dan infeksi bakteri, kulit jeruk membantu meningkatkan kekebalan Anda.

Cara mengkonsumsi kulit jeruk? Tentu tidak langsung dimakan mentah-mentah. Anda bisa memarutnya dan campurkan dengan smoothies, yoghurt, pie, kue atau mengolahnya sebagai salad dressing. Pilih juga jeruk yang organik, ini untuk menghindari kemungkinan terkontaminasi pestisida.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com